Kondisi Banjir di Bekasi, Jawa Barat, MInggu, 25 Oktober 2020. Dokumentasi/ istimewa
Kondisi Banjir di Bekasi, Jawa Barat, MInggu, 25 Oktober 2020. Dokumentasi/ istimewa

Sejumlah Warga Korban Banjir di Bekasi Enggan Dievakuasi

Nasional banjir musim hujan bencana alam bencana banjir
Antonio • 25 Oktober 2020 14:10
Bekasi: Sejumlah warga yang terjebak banjir di Bekasi, Jawa Barat, memilih bertahan di rumah. Sejumlah warga yang terdampak di Perumahan Villa Nusa Indah 2 memilih bertahan dan enggan mengungsi.
 
"Setelah tim menyusuri daerah tersebut ternyata banyak dari warga setempat yang lebih memilih bertahan di lantai dua rumah mereka," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta, Hendra Sudirman, Minggu, 25 Oktober 2020.
 
Baca: Puluhan Rumah di Muara Taweh Terendam Banjir

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menjelaskan evakuasi mulai dilakukan Tim SAR gabungan dengan menyusuri perumahan tersebut sejak dini hari. Pihaknya telah berkoordinasi dengan perangkat daerah di Perumahan Villa Nusa Indah 2 dan relawan yang sudah ada lebih dulu di lapangan untuk menentukan jalur evakuasi terhadap warga di perumahan tersebut karena ketinggian air mencapai 120 sentimeter.
 
"Kemudian sekitar pukul 05.30 WIB banjir yang ada di perumahan tersebut berangsur surut serta sudah tidak ada lagi warga yang ingin dievakuasi akhirnya tim mulai beralih menuju Perumahan Villa Jatirasa, Jatiasih, Bekasi," jelasnya.
 
Tim rescue Basarnas dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta meningkatkan kesiapsiagaan serta kewaspadaan menuju beberapa titik rawan banjir yang ada di wilayah Bekasi.
 
Hal ini menyusul hujan yang mengguyur kawasan Bogor dan sekitarnya pada Sabtu malam hingga Minggu dini hari yang mengakibatkan luapan air dan membanjiri sejumlah wilayah di Bekasi.
 
"Tim rescue sudah kita kerahkan sejak sabtu (24/10) malam setelah kita mendapatkan informasi bahwa Pintu Air P2C sudah menunjukan ketinggian debit air di atas 600 meter, kita kerahkan menuju daerah yang sering mengalami dampak banjir yaitu Perumahan Villa Nusa Indah," ujarnya.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif