Hutan bakau rusak di Muara Gembong. Foto: MI/Galih Pradipta
Hutan bakau rusak di Muara Gembong. Foto: MI/Galih Pradipta

Terumbu Karang & 1,2 Haktare Hutan Bakau Dirusak

Nasional terumbu karang
10 April 2017 10:53
medcom.id, Pesisir Selatan: Hutan bakau seluas 1,2 hektare di Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, dirusak untuk pembangunan penginapan. Tak hanya itu, terumbu karang juga dirusak untuk pembangunan dermaga pribadi.
 
Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni mengatakan, dari beberapa wilayah di Mandeh hutan bakau dan terumbu karang yang paling parah mengalami kerusakan di Nagari Sungai Nyalo. Ia mmenduga pelaku adalah masyarakat dan oknum pejabat setempat.
 
Bupati menyampaikan, pembangunan yang berujung perusakan hutan bakau dan terumbu karang tanpa memikirkan dampak jangka panjang. Karena itu, ia bertekad membawa masalah ini ke penegak hukum.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tidak ada yang mengantongi izin. Padahal yang melakoninya merupakan oknum pejabat, yang pasti tahu aturan," kata Hendrajoni di Kabupaten Pesisir Selatan, Senin 10 April 2017.
 
Tokoh adat yang juga Wakil Ketua Kerapatan Adat Nagari Ampang Pulai, Asrizal Datuak Rajo Nan Sati, mendorong pemerintah mengambil sikap tegas terhadap oknum perusak hutan bakau dan terumbu karang. Asrizal beberapa kali mengimbauan masyarakat agar menghentikan pembangunan yang merusak, namun tak didengar.
 
"Tindakan mereka tidak hanya berdampak pada biota laut, namun juga bisa menyebabkan kerusakan daratan akibat gelombang laut karena hutan bakau kritis," ujar Asrizal.
 
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Pesisir Selatan, Suardi S, menyebutkan pihaknya tidak pernah mengeluarkan izin apapun terkait pembangunan di Mandeh.
 
Dalam waktu dekat, ia segera mengecek ulang bangunan di Mandeh bersama Dinas Lingkungan Hidup, Satuan Polisi Pamong Praja, dan organisasi perangkat daerah terkait.
 

 

(TRK)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif