Ilustrasi gelombang panas. (Foto: AFP)
Ilustrasi gelombang panas. (Foto: AFP)

Waspada! Semua Daerah di Jatim Alami Cuaca Panas

Amaluddin • 11 Oktober 2021 18:32
Surabaya: Cuaca panas dalam sebulan terakhir ini hampir terjadi di semua daerah Jawa Timur. Salah satu penyebabnya karena wilayah Jatim sedang dilanda fenomena alam yang disebut kulminasi. 
 
"Kulminasi atau transit atau istiwa adalah fenomena ketika matahari tepat berada di posisi paling tinggi di langit. Saat deklinasi matahari sama dengan lintang pengamat, fenomenanya disebut sebagai kulminasi utama," kata Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Klas I Juanda Surabaya, Teguh Tri Susanto, dikonfirmasi, Senin, 11 Oktober 2021.
 
Pada saat fenomena alam itu terjadi, lanjut Teguh, posisi matahari akan tepat berada di atas kepala atau berada di titik zenit. Akibatnya, bayangan benda tegak akan menghilang atau tidak terlihat, karena bertumpuk dengan benda itu sendiri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Kemenag Jatim Belum Berani Terbangkan Jemaah Umrah
 
Maka dari itu, kata Teguh, hari kulminasi utama juga dikenal dengan istilah hari tanpa bayangan. Meski demikian, hal tersebut tak berdampak buruk atau fatal bagi masyarakat yang berada di wilayah yang mengalami fenomena tersebut. 
 
"Pengaruh fenomena kulminasi di Jatim cenderung relatif ringan. Akibatnya hanya suhu udara akan terasa relatif semakin panas pada tengah hari. Suhu udara masih akan terasa relatif semakin panas hingga beberapa hari setelah kulminasi. Kelembapan udara juga diprakirakan akan menurun," ujarnya.
 

Kendati demikian, Teguh mengimbau masyarakat untuk tetap siaga hingga waspada bila terjadi cuaca ekstrem sewaktu-waktu. Ia berharap, masyarakat tak termakan berita bohong perihal kondisi cuaca dan fenomena alam selain dari BMKG. Menurutnya, memghindari berita bohong bisa dilakukan dengan melakukan kroscek ke website dan aplikasi resmi dari BMKG.

 
(ALB)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif