Pemusnahan barang bukti narkoba (ANTARA/HO)
Pemusnahan barang bukti narkoba (ANTARA/HO)

Puluhan Kg Narkotika Dimusnahkan Polda Lampung

Antara • 10 November 2021 16:37
Bandarlampung: Kepolisian Daerah (Polda) Lampung memusnahkan barang bukti narkotika jenis sabu, ganja, dan tembakau sintetis di halaman Gedung C Polda Lampung, Rabu, 10 November 2021. Barang haram yang dimusnahkan tersebut di antaranya ganja sebanyak 1,02 kilogram, sabu 98 kilogram, dan tembakau sintetis 47,02 gram.
 
"Pemusnahan ini merupakan hasil penindakan selama bulan Juli hingga November 2021," kata Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad, di Bandalampung, Lampung, Rabu, 10 November 2021. 
 
Dia mengatakan, barang bukti narkotika yang dimusnahkan tersebut senilai Rp147 miliar, dan mampu menyelamatkan 980.000 jiwa dari ancaman bahaya narkotika. Dia menyebut, barang bukti yang dimusnahkan berasal dari 13 laporan dan 15 tersangka. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Segera melaporkan kepada kepolisian jika melihat transaksi narkotika jenis apa pun," kata dia.
 
Baca: 86 Kg Sabu Dimusnahkan Polda Riau
 
Wadirkrimum Polda Lampung, AKBP Rizal Marito, menambahkan pemusnahan tersebut merupakan hasil penindakan terhadap tersangka kurir asal Jawa Timur. Yakni MN dan MR.
 
"Mereka merupakan kurir yang merencanakan mengirim barang dari Medan dibawa ke Jakarta untuk diedarkan," katanya.
 
Modus yang dilakukan kedua tersangka dengan cara berangkat menuju Medan menumpang pesawat. Sebelumnya mereka telah berkomunikasi untuk titip  barang yang akan diambil.
 
"Saat mereka mendapatkan barangnya, kemudian mereka jalan melewati darat menuju Jakarta. Mereka mendapat perintah dari tersangka S yang kini berada di Lapas Wayhui," jelasnya.
 
Baca: Ratusan Barang Bukti Kejahatan di Tangsel Dimusnahkan
 
Rizal menambahkan, kedua tersangka telah melancarkan aksinya sebanyak lima kali. Pertama dan keempat kalinya barang berhasil lolos menuju Jakarta.
 
Selain itu, pihaknya menyita beberapa barang bukti berupa uang sebesar Rp200 juta, dua unit mobil, dan dua unit sepeda motor.
 
"Ini yang kelima kalinya, kita berhasil menggagalkan pengiriman barang haram tersebut beserta barang bukti," ujarnya.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif