Banjir merendam 13 desa di dua kecamatan di Kabupaten Aceh Utara, Aceh. Foto: Istimewa
Banjir merendam 13 desa di dua kecamatan di Kabupaten Aceh Utara, Aceh. Foto: Istimewa

13 Desa di Aceh Utara Terendam Banjir

Nasional banjir
Fajri Fatmawati • 29 Juli 2020 16:40
Banda Aceh: Sedikitnya 13 desa di dua kecamatan di Kabupaten Aceh Utara, Aceh, terendam banjir. Banjir terjadi sejak Selasa, 28 Juli 2020, dengan ketinggian sekitar 50 sentimeter.
 
"Banjir akibat curah hujan dengan intensitas tinggi dalam beberapa hari terakhir, ketinggian air bervariasi rata-rata mencapai 30 sampai 50 sentimeter," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Sunawardi, Rabu, 29 Juli 2020.
 
Sunawardi memerinci, 13 desa di dua kecamatan yang terendam banjir yakni, di Kecamatan Geurudong Pase, Gampong (desa) Suka Damai. Kemudian di Kecamatan Matang, yakni di Gampong Teungoh Seulemak, Alue Tho, Desa Alue Enthok, Hagu, Lawang, Tanjong Haji Muda, Pante Pirak, Siren, leubok, Tempok Barat, Ceubrek, dan Meriah Matangkuli.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Aceh Singkil Dilanda Banjir dan Longsor
 
Sunawardi mengatakan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara masih melakukan pendataan. Dia memastikan tidak ada korban jiwa dan pengungsi akibat bencana banjir tersebut.
 
"Hingga kini kondisi terakhir air masih tergenang namun tidak naik lagi," ungkap Sunawardi.
 
Sementara itu angin kencang juga terjadi pada 28 Juli 2020, pukul 15.00 WIB, di Desa Paya Meudru Pemukiman Pirak Tunong, Kecamatan Paya Bakong, Kabupaten Aceh Utara, Aceh. Angin kencng terjadi akibat cuaca ekstrem.
 
"Dampak materialnya ada enam unit rumah rusak, kubah masjid terhempas sekitar 200 meter, sekolah TK rusak berat dan kabel listrik terputus," ucapnya.
 
Korban terdampak dan pengungsi akibat dari bencana angin kencang masih dalam pendataan. Warga terdampak angin kencang telah mengungsi ke rumah kerabat dan tetangga.
 
"BPBD Aceh Utara sedang melakukan pendataan tingkat kerusakan dan kerugian," jelasnya.
 

(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif