Penyaluran bantuan dampak covid-19 di kantor Balai Desa Langon Kabupaten Jepara. (Foto: Medcom.id/Rhobi Sani)
Penyaluran bantuan dampak covid-19 di kantor Balai Desa Langon Kabupaten Jepara. (Foto: Medcom.id/Rhobi Sani)

Bansos Tunai tak Tepat Sasaran Bisa Ditangguhkan

Nasional Virus Korona
Rhobi Shani • 13 Mei 2020 14:08
Jepara: Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsospermades) Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, menemukan data penerima bantuan sosial tunai (BST) tak tepat sasaran. Sejumlah perangkat desa dengan status aparatur sipil negara (ASN) masuk dalam daftar penerima BST senilai Rp600 ribu tiap bulan selama tiga bulan.
 
Terkait hal itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinsospermades Jepara, Urip Budi Utomo, mengatakan nama penerima yang tak tepat sasaran dapat dihapus dan penyaluran BST dapat ditangguhkan.
 
“Kalau dia (penerima) benar-benar kaya bisa ditangguhkan penyalurannya. Kami hari ini mengirim semua data penerima BST transfer dari Kemensos ke masing-masing desa, untuk kemudian diverifikasi ulang. Jadi yang tidak berhak menerima, bisa kami kirim kembali datanya agar dilakukan penghapusan oleh Kemensos,” terang Urip, Rabu, 13 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Urip, penerima BST dari Kementerian Sosial di Jepara, sebanyak 2.082 orang. Nama-nama penerima diambil langsung oleh pemerintah pusat dan tidak melalui verifikasi maupun validasi.
 
Baca juga:Gibran Beri Bantuan 2.000 APD untuk Jateng
 
Tak hanya BST Kemensos, BST yang disalurkan melalui kantor pos juga ada yang diketahui tak tepat sasaran. Misalnya warga mampu dan warga yang telah meninggal. Total penerima BST melalui kantor pos mencapai 10.583 kepala keluarga.
 
“Masalah tidak tepat sasaran ini terjadi merata, tidak hanya di Kabupaten Jepara. Karena surat pemberitahuan BST dibagi lewat desa, (pemerintah) desa bisa mengecek lagi, jika benar-benar tidak tepat sasaran, bisa ditangguhkan,” ujarnya.
 
Ia menambahkan ada tujuh jenis bantuan untuk masyarakat terdampak covid-19. Yaitu, Progam Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Reguler, BPNT Covid-19, BST Transfer, BST Kantor Pos, BPNT Covid-19 Provinsi, BPNT Covid-19 Kabupaten, dan BST Dana Desa.
 
Dari tujuh jenis bantuan tersebut, penerima bantuan penanggulangan dampak covid-19 yang merupakan usulan dari desa, yaitu penerima BST Dana Desa, BPNT provinsi, dan BPNT kabupaten.
 

(MEL)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif