Sejumlah pesepak bola Timnas Iran U-19 melakukan latihan di Stadion Mandala Krida, DI Yogyakarta, Selasa (10/9/2019). ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah
Sejumlah pesepak bola Timnas Iran U-19 melakukan latihan di Stadion Mandala Krida, DI Yogyakarta, Selasa (10/9/2019). ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

Stadion Mandala Krida Banyak Berbenah untuk Piala Dunia U-20

Nasional piala dunia Piala Dunia U-20
Patricia Vicka • 05 November 2019 16:22
Yogyakarta: Stadion Mandala Krida ditunjuk sebagai salah satu venue pertandingan sepak bolah Piala Dunia U-20 pada 2021. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DIY Baskara Aji mengatakan pihaknya tengah memetakan fasilitas, sistem, dan perlengkapan yang perlu diperbaiki.
 
"Pastinya perlu perbaikan sana-sini untuk besok (piala dunia). Perlu ada penambahan untuk mengikuti standar venue Piala Dunia yang ditetapkan oleh FIFA," kata Baskara Aji di Yogyakarta, Selasa, 5 November 2019.
 
Baskara menjelaskan jika pihaknya tengah menunggu surat resmi perihal penunjukan Mandala Krida dari PSSI. Usai mendapatkan kepastian tersebut, kemudian akan dihitung biaya yang dibutuhkan serta timeline perbaikan stadion yang berlokasi tak jauh dari Balaikota Yogyakarta ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Beberapa penambahan fasilitas yang dibutuhkan diantaranya penambahan lampu penerang serta tempat duduk single seat dan pembatas antar tingkatan tempat duduk.
 
"Kalau sudah ada surat resminya kami bisa langsung hitung-hitungan dengan DPRD dan Tim anggaran pemerintah daerah. Bisa jadi dimasukkan dalam APBD 2020 atau tidak," jelas Baskara.
 
Disdikpora DIY menargetkan penyusunan item perbaikan dan penganggarannya selesai sebelum akhir tahun 2019. Sementara perbaikan dan penambahan item akan dimulai selama 2020.
 
Sementara Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengatakan stadion yang dibangun sejak 1978 ini sudah siap untuk mendukung Piala Dunia U-20. Pihaknya pun siap mendukung kedatangan para suporter dan tamu internasional saat penyelenggaraan.
 
"Kami siap mendukung penyelenggaraan ini. Apalagi Jogja sudah punya bandara baru di Kulonprogo yang bisa didarati semua jenis pesawat. Kereta Bandara juga sudah bisa turun di dekat venue," ungkap Haryadi.
 
Mandala Krida terletak di Jalan Kemuning Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta. Stadion yang dibangun sejak 1978 ini mengalami renovasi besar-besaran sejak 2013 hingga 2019. Renovasi ini menelan biaya sebesar Rp174 miliar.
 
Daya tampung stadion saat ini sekitar 25 ribu penonton. Namun jika kursi diganti dengna single seat, daya tampungny aberkurang diperkirakan menjadi 21.900 penonton.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif