Kondisi sekolah rusak di Brebes, Jawa Tengah. (Medcom.id/Kuntoro Tayubi)
Kondisi sekolah rusak di Brebes, Jawa Tengah. (Medcom.id/Kuntoro Tayubi)

2.440 Ruang Kelas di Brebes Rusak

Nasional sekolah rusak
Kuntoro Tayubi • 28 November 2019 14:40
Brebes: Sebanyak 2.440 ruang kelas SD dan SMP di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, masih rusak. Pemerintah setempat telah mengusulkan perbaikan ke pemerintah pusat melalui Dana Alokasi Khusus (DAK).
 
"Ruang kelas rusak ini merupakan sisa dari kerusakan sekolah yang belum ditanggung penanganannya di tahun 2019," kata Kasubag Program dan Keuangan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Brebes, Fajar Adi Widiarso, di Brebes, Kamis, 28 November 2019.
 
Dia mengatakan sebelumnya ada 3.143 ruang kelas rusak, yakni 2.745 ruang kelas SD dan 398 ruang SMP. Dia melanjutkan setelah diusulkan perbaikan melalui DAK ke pemerintah pusat, 700 ruang kelas diperbaiki tahun ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tersisa 2.440 ruang kelas," ucapnya.
 
Dia menerangkan pemerintah pusat juga mengalokasikan DAK untuk 200 ruang kelas pada 2020. Kerusakan kelas yang diusulkan meliputi sekolah negeri dan swasta dengan kategori rusak ringan dan rusak berat.
 
"Rusak berat jika kondisi kerusakannya antara 30-45 persen. Kalau untuk ruang kelas yang rusak ringan itu tingkatnya di bawah 30 persen, dan itu bisa dialokasikan melalui Bantuan Operasional Sekolah (BOS)," jelasnya.
 
Dia berharap seluruh ruang kelas rusak tuntas diperbaiki pada 2020. Dia memastikan tahun ini mendapat bantuan DAK sebesar Rp112 milir untuk memperbaiki 89 SD dan 23 SMP.
 
"Semua usulan tersbut sudah ada dalam Dapodik," tandasnya.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif