Setu tercemar, ratusan ikan mati. Foto: Dok/Metro TV
Setu tercemar, ratusan ikan mati. Foto: Dok/Metro TV

Miris, Ratusan Ikan Mati Akibat Tercemar Limbah Industri

MetroTV • 27 Januari 2022 13:48
Bogor: Ratusan ikan mati di Setu Citemput Gunung Putri, Bogor akibat tercemar limbah industri. Melihat kejadian ini, kelompok pemerhati lingkungan kemudian protes akibat lambatnya penanganan dari Dinas Kabupaten Bogor.
 
Mereka protes karena setu ini biasa digunakan warga untuk obyek wisata dan juga peresapan air hujan. Setu Citemput tercemar limbah diduga berasal dari perusahaan di sekitar setu.
 
“Yang biasa terjadi sebelumnya si biasanya kenakalan perusahaan yang membuang limbah tengah malam ketika hujan deras. Akibatnya gradasi warna bisa dilihat jelas berwarna hitam pekat,” ujar Ketua kelompok pemerhati danau dan setu, Aditya dalam program Selamat Pagi Indonesia di Metro TV, Kamis, 27 Januari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Masyarakat sekitar merasa resah karena limbah tersebut mengeluarkan bau yang tak sedap. Tak hanya itu, ratusan ikan yang berada di Setu Citemput mati karena keracunan air yang berwarna hitam pekat.
 
Sebelumnya, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor beberapa kali mengambil sampel air untuk diteliti, namun pihak setempat belum pernah menginformasikan hasil dari laboratorium ke warga atau kelompok peduli lingkungan sehingga pencemaran terus berlangsung.
 
“Kami sebelumnya sudah memeriksa di sini. Dugaan dari Dinas Perikanan penyebabnya bukan karena serangan penyakit ikan tapi faktor perubahan lingkungan perairan,” kata fungsional pengawasan perikanan Kabupaten Bogor, Yayan Budayana. (Alifiah Nurul Rahmania)
 
(MBM)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif