Ilustrasi Medcom.id
Ilustrasi Medcom.id

Pemkot Palembang Anggarkan Rp64 Miliar untuk THR ASN dan Honorer

Nasional tunjangan hari raya ASN Kota Palembang Sumatra Selatan
Media Indonesia • 21 April 2022 14:12
Palembang: Pemerintah Kota Palembang bakal mengucurkan Rp64 miliar untuk pembayaran tunjangan hari raya (THR) dan gaji ke 13 aparatur sipil negara (ASN). Alokasi THR tersebut juga dikucurkan untuk 4.000 pegawai honorer di Pemkot Palembang.
 
Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Anggaran Daerah (BPKAD) Kota Palembang, Zulkarnain, menjelaskan alokasi THR dan gaji ke 13 untuk ASN senilai Rp52 miliar.
 
"Ada sekitar 14.000 ASN di Pemkot Palembang. Sementara sekitar Rp12 miliar untuk THR non-ASN," kata Zulkaranin di Palembang, Kamis, 21 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menjelaskan saat ini pihaknya sedang mempersiapkan peraturan wali kota (Perwali) sebagai proses dari pencairan THR dan gaji ke-13. Zulkarnain mengatakan Perwali tersebut merupakan turunan dari Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 16 tahun 2022 tentang pemberian THR dan gaji ke-13.
 
"Di dalam perwali itu lah akan tercantum teknis pembayaran THR dan gaji ke-13," katanya.
 
Baca: Disnaker DIY Terima 11 Aduan Pembayaran THR
 
Adapun sumber dana untuk THR dan gaji ke-13 berasal dari dana alokasi umum (DAU) yang disalurkan pusat ke pemda. Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Palembang, Ratu Dewa, mengatakan pemkot memastikan THR dan gaji-13 dapat cair paling lama H-7 Idulfitri.
 
"Diusahakan sebelum Lebaran, paling cepat H-10 atau paling tidak H-7 Idulfitri," katanya.
 
Ia menambahkan, pemkot juga bakal memberikan tambahan penghasilan pegawai (TPP) sebesar 50 persen. Menurut Dewa, pihaknya juga berupaya untuk membayar TPP sebelum hari raya, meskipun rumus pembayarannya berbeda dengan THR dan gaji ke-13.
 
BPKAD Kota Palembang mengalokasikan TPP mencapai Rp17 miliar. Sumber dananya berasal dari kantong pemda, yakni pendapatan asli daerah (PAD) yang tertuang dalam APBD Kota Palembang 2022.
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif