Permohonan paspor di Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Surabaya saat ramadan ini meningkat tajam mencapai 350 persen. (MI/Heri Susetyo)
Permohonan paspor di Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Surabaya saat ramadan ini meningkat tajam mencapai 350 persen. (MI/Heri Susetyo)

Umrah Dibuka, Permohonan Paspor di Surabaya Naik 350%

Nasional Ibadah Umrah Paspor keimigrasian surabaya Jawa Timur umrah
Media Indonesia.com • 19 April 2022 14:22
Surabaya: Permohonan paspor di Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Surabaya, Jawa Timur, meningkat tajam mencapai 350 persen hingga pertengahan Ramadan. Ramainya pemohon paspor di kantor imigrasi sudah terjadi sejak Maret 2022. 
 
"Saat ini kami melayani permohonan paspor antara 150 hingga 180 orang per hari," kata Kabid Dokumen Perjalanan dan Izin Tinggal Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Surabaya Anggoro Widjanarko, Selasa, 19 April 2022.
 
Menurut Anggoro, jumlah pemohon paspor pada Januari dan Februari hanya sekitar 1.000-1.300 orang per bulan. Namun, pada Maret meningkat tajam melebihi 4 ribu pemohon.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Selama April jumlah pemohon paspor diperkirakan lebih banyak lagi," terang dia.
 
Baca juga: Ramadan, Vaksinasi di Mandailing Natal Berhadiah Umrah
 
Peningkatan pemohon paspor terjadi sejak dibukanya kembali ibadah umrah oleh pemerintah Arab Saudi. Selain itu mulai adanya kelonggaran perjalanan luar negeri dan dibukanya tempat wisata di sejumlah negara.
 
"Dari wawancara pada pemohon paspor memang kebanyakan untuk umrah, selanjutnya wisata kebanyakan ke Singapura dan Malaysia," kata Anggoro. 
Nanang, 45, salah satu pemohon paspor mengatakan, dia mengurus paspor untuk ibunya yang akan menjalankan ibadah umrah. Menurut Nanang, paspor ibunya sudah selesai dan diambil.
 
"Mengurus paspornya mudah tidak ribet. Seminggu ini jadinya," kata Nanang.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif