Ilustrasi--Jemaah calon haji tawaf mengelilingi Ka'bah di Masjidil Haram dalam rangkaian ibadah Haji di Kota Suci Mekah, Arab Saudi, Jumat (1/7/2022).ANTARA FOTO/REUTERS/Mohammed Salem/wsj.
Ilustrasi--Jemaah calon haji tawaf mengelilingi Ka'bah di Masjidil Haram dalam rangkaian ibadah Haji di Kota Suci Mekah, Arab Saudi, Jumat (1/7/2022).ANTARA FOTO/REUTERS/Mohammed Salem/wsj.

Embarkasi Solo Tuntaskan Kloter Terakhir ke Tanah Suci

Media Indonesia.com • 03 Juli 2022 12:56
Solo: Kelompok Terbang (Kloter) 43 menjadi rombongan terakhir jemaah calon haji tahun 2022, yang diberangkatkan ke Mekkah, Arab Saudi, dari Embarkasi Solo pada Minggu dini hari, 3 Juli 2022.
 
Kloter terakhir sebanyak 354 orang ini berasal dari 12 kabupaten/kota di Jateng dan DI Yogjakarta.
 
"Total seluruh jemaah calon haji Embarkasi Solo hingga tuntasnya kloter 43 yang diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah mencapa 15.477 orang," ujar koordinator humas PPIH (Panitia Penyelenggara Ibadah Haji) Embarkasi Solo, Sarip Sahrul Samsudin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mengatakan sebanyak 354 orang calon haji dari  12 daerah itu meliputi Kota Yogjakarta, Bantul, Banyumas, Kebumen, Purbalingga, Sleman, Semarang, dan Tegal. Kemudian dari Kota Pekalongan, Salatiga, Semarang, dan Tegal.
 
Baca juga: Jatim Ditinggal Gubernur Naik Haji, Wagub 'Jaga Rumah'

Rincian total 15.477 orang itu yakni 15.179 jemaah, petugas kloter 172 orang, 83 petugas haji daerah, dan 13 orang pembimbing kelompok bimbingan ibadah haji umum. .
 
"Perlu saya tambahkan, kloter terakhir ini juga menjemput 2 jemaah Embarkasi Solo di Bandara Kualanamu. Kedua jemaah itu sebelumnya mendapatkan perawatan di RS Deli Serdang karena ada gangguan jantung. Jadi total 354 orang," imbuh Sarip.
 
Lebih jauh dipaparkan Sarip, hingga berakhirnya pemberangkatan jemaah calon haji, ada 30 yang tertunda karena berbagai faktor, seperti sakit, hamil, dan meninggal dunia di daerah.
 
Hingga Minggu pagi, Jemaah sakit di Arab Saudi ada 7 orang, dan mendapatkan perawatan di KKHI Makkah. Sementara jemaah wafat 4 orang dari Sragen, Pati, Kebumen, dan Jepara. 
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif