Warga membentangkan bendera Merah Putih saat memperingati Hari Sumpah Pemuda di kampung nelayan Greges, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (27/10/2019). ANTARA FOTO/Moch Asim
Warga membentangkan bendera Merah Putih saat memperingati Hari Sumpah Pemuda di kampung nelayan Greges, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (27/10/2019). ANTARA FOTO/Moch Asim

Masyarakat Surabaya Memperingati Sumpah Pemuda di Atas Perahu

Nasional Sumpah Pemuda
Antara • 28 Oktober 2019 15:18
Surabaya: Masyarakat Surabaya memperingati Hari Sumpah Pemuda dengan menggelar upacara di atas perahu yang berjajar di pesisir Kawasan Wisata Bahari Sontoh Laut. Mereka meneguhkan ikrar Sumpah Pemuda dengan mengenakan pakaian adat dari berbagai wilayah di Indonesia.
 
Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, AKBP Antonius Agus Rahmanto, mengatakan masyarakat itu berasal dari kampung nelayan Greges, kelurahan Tambak Sari Oso, Kecamatan Asemrowo, Kota Surabaya, Jawa Timur.
 
"Intinya kita harus mengingatkan pada generasi muda apa makna dari sumpah pemuda itu di saat sekarang ini," kata Antonius di lokasi, Senin, 28 Oktober 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Agus menjelaskan ikrar Sumpah Pemuda merupakan keputusan dari Kongres yang diikuti para pemuda dari berbagai wilayah Tanah Air yang berlangsung di Batavia (Jakarta), pada 27 hingga 28 Oktober tahun 1928.
 
Peringatan Sumpah Pemuda di kawasan pantai tersebut kemudian berlanjut dengan mengarak bendera merah putih sepanjang 500 meter dan lebar 12 meter oleh masyarakat setempat.
 
Sementara Camat Asemrowo Surabaya, Bambang Udi Ukoro mengatakan selain memperingati hari Sumpah Pemuda, kegiatan tersebut sekaligus mempromosikan satu potensi wisata di wilayah Wisata Bahari Sontoh Laut.
 
"Kami berharap ke depan selalu ada kegiatan yang berkesinambungan seperti ini untuk mempromosikan Kawasan Wisata Bahari Sontoh Laut agar lebih dikenal masyarakat dan mendatangkan wisatawan dari luar Kota Surabaya," kaa Bambang.
 
Bambang menyebut salah satu keunggulan kawasan yang ditetapkan sebagai tempat wisata oleh Wali Kota Surabaya adalah dapat menikmati matahari terbit dari tengah laut.(Shah Alam Pandu Wibowo)
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif