Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) UKM antara AP 1 dan Pemda DIY. (Foto: Medcom.id/Patricia Vicka)
Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) UKM antara AP 1 dan Pemda DIY. (Foto: Medcom.id/Patricia Vicka)

YIA Akan Ramai Produk Lokal

Nasional Bandara Yogyakarta International Airport
Patricia Vicka • 12 November 2019 10:39
Yogyakarta: Angkasa Pura (AP) 1 memberi kesempatan kepada Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk memasarkan produk-produknya di Yogyakarta International Airport (YIA) di Temon, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kesempatan ini tertuang dalam penandatanganan nota kesepahaman (MoU) UKM antara AP 1 dengan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) DIY dan Bank pembangunan daerah (BPD) DIY.
 
Direktur Utama AP 1 Faik Fahmi menjelaskan pihaknya menyiapkan area seluas 1.550 meter persegi untuk UKM Yogyakarta menjajakan usahanya.
 
"Kami siapkan area khusus di ruang tunggu terminal domestik untuk UKM menjual produk mereka dengan harga sangat murah," kata Faik Fahmi, usai penandatanganan MoU di Yogyakarta, Senin, 11 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nantinya di tempat tersebut, akan dibangun ratusan gerai UKM dari berbagai jenis produk. Angkasa Pura 1 meminta Dinas Koperasi dan UMKM DIY mendata dan menyeleksi UKM yang layak berjualan di YIA.
 
Berdasarkam keterangan Diskop UMKM DIY, saat ini ada sekitar 190 produk unggulan binaan Diskop UMKM DIY yang berpotensi dihadirkan di Bandara Internasional Yogyakarta.
 
"Jualannya mulai dari kerajinan batik, kayu, kulit, perak, kontemporer fesyen seperti hijab, baju, tas, sepatu, sandal, dan kuliner," jelas Fail.
 
Ia berharap kehadiran produk lokal di YIA lebih menggairahkan dan meningkatkan perekonomian di Kulon Progo dan DIY. Apalagi, kehadiran YIA di Kulon Progo yang beroperasi sebagian sejak Mei 2019 telah menurunkan tingkat pengangguran menjadi 1,4 persen pada 2018. YIA juga memberikan dampak positif pada pertumbuhan perekonomian di Kabupaten Kulon Progo yang mencapai 10 persen.
 
Sementera itu, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwana X menyambut positif kerja sama ini. Sultan berharap hadirnya bandara YIA dapat mendorong UKM untuk lebih bisa lebih maju, kreatif dan inovatif.
 
"Verifikasi dan seleksi betul-betul. Sehingga kalau sudah bisa jualan disana harapan saya mereka bisa ekspor ke luar negeri," imbuh Sultan.

 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif