Kapolda Banten Irjen Tomsi Tohir. (Foto: Medcom.id/Hendrik)
Kapolda Banten Irjen Tomsi Tohir. (Foto: Medcom.id/Hendrik)

Polda Banten Tetap Lakukan Pengetatan Pengamanan Pilkades

Nasional Pilkades
Hendrik Simorangkir • 01 Desember 2019 15:26
Tangerang: Kapolda Banten Irjen Tomsi Tohir memastikan pengetatan pengamanan pemilihan kepala desa (pilkades) tetap dilakukan kendati situasi aman. Hal ini ia sampaikan saat memantau pilkades di Desa Talaga, Kecamatan Cikupa dan Desa Tegal Kunir Lor, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang.
 
"Alhamdulillah, sejauh ini proses pemungutan suara pilkades serentak di Kabupaten Tangerang berlangsung aman. Semoga situasi kondusif ini terus berlanjut hingga ke tahap penghitungan suara," ujarnya, Minggu, 1 Desember 2019.
 
Tomsi menambahkan pihaknya tak akan lengah terhadap penjagaan. Sebab, situasi bisa berubah dengan cepat terutama saat proses penghitungan suara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Juga setelah proses penghitungan suara selesai, hasil sudah diketahui. Bisa saja ada pihak yang tidak terima dengan hasilnya. Itu yang kita antisipasi," katanya.
 
Tomsi menjelaskan akan tetap menyiagakan pasukan pengamanan hingga pelaksanaan Pilkades benar-benar tuntas. Ia mengajak semua pihak menerima hasil Pilkades dengan legawa sesuai janji yang sudah dideklarasikan para calon kades.
 
"Mudah-mudahan tidak ada gangguan sampai selesai penghitungan. Semua menerima hasilnya," tegasnya.
 
Sementara itu, Kapolresta Tangerang AKBP Ade Ary Syam Indradi, menilai, tingkat kerawanan pilkades lebih tinggi daripada kontestasi politik lain seperti pemilian bupati atau wali kota. Perbedaan pandangan dalam pilkades cenderung sangat dekat.
 
"Bisa saja beda dukungan dengan tetangga samping rumah (ribut)," ucap Ade.
 
Namun, Ade menjelaskan saling kenal itulah yang juga menjadi peredam konfilk. Ia manambahkan sebelum Pilkades dilaksanakan, pihaknya rutin berinteraksi dengan masyarakat menyampaikan pesan bahwa perbedaan dukungan jangan sampai merusak silaturahmi.
 
"Alhamdulillah memang semua elemen, para calon kades, tokoh, dan masyarakat sepakat damai," jelasnya.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif