Ilustrasi--Umat Islam melaksanakan shalat tarawih pertama di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (22/3/2023). (ANTARA/Galih Pradipta)
Ilustrasi--Umat Islam melaksanakan shalat tarawih pertama di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (22/3/2023). (ANTARA/Galih Pradipta)

Berita Populer Daerah

KKB Tembak 2 Aparat Penjaga Tarawih hingga Jalur Mudik di DIY Dilarang Dilintasi

Meilikhah • 26 Maret 2023 08:29
Jakarta: Sejumlah peristiwa terjadi sepanjang Sabtu, 25 Maret 2023, dan beberapa di antaranya menjadi pemberitaan di kanal Nasional Daerah Medcom.id.
 
Peristiwa-peristiwa itu antara lain serangan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua yang menewaskan dua personel TNI saat tengah menjaga jemaah tarawih. 
 
Ada pula sejumlah jalan di Yogyakarta dilarang dilintasi saat mudik lebaran. Alasan utamanya menghindari kecelakaan lalu lintas karena kondisi jalan. Berikut ulasannya.

1. KKB Serang Aparat saat Amankan Salat Tarawih, 2 Orang Tewas
 
Kelompok kriminal bersenjata (KKB), Sabtu malam, 25 Maret 2023 menembaki anggota TNI-Polri yang sedang melakukan pengamanan terhadap warga yang sedang melaksanakan salat tarawih di Ilu, Kabupaten Puncak Jaya, Papua Pegunungan.
 
Akibatnya serangan tersebut tiga anggota terluka, dua orang di antaranya meninggal. Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri membenarkan adanya serangan saat anggota sedang melakukan pengamanan salat tarawih di Ilu.
 
Sempat terjadi baku tembak antara anggota TNI-Polri dari Koramil dan Polsek Ilu yang sedang mengamankan warga yang melaksanakan salat tarawih di Masjid Al Amaliah Ilu.
 
Selengkapnya, baca di sini
 

2. Sejumlah Jalan di Yogyakarta Dilarang Dilintasi Saat Mudik Lebaran
 
Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berencana melarang sejumlah akses jalan untuk dilalui saat musim mudik. Alasan utamanya lantaran rawan terjadi kecelakaan. 
 
Kepala Dinas Perhubungan DIY Ni Made Dwipanti Indrayanti mengatakan salah satu akses yang dimaksud, yakni kawasan Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul. Sejumlah titik di jalur itu telah teridentifikasi rawan longsor. 
 
"Dari Heha Sky enggak boleh terus (ke selatan) ke (destinasi wisata) Mangunan, harus balik lagi," kata Made di Yogyakarta, Sabtu, 25 Maret 2023. 
 
Selengkapnya, baca di sini
 

3. Larang Pengikutnya Salat Jumat, MUI Tegaskan Aliran Segitiga Nusantara di Bone Sesat
 
Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan menegaskan aliran yang dijalankan Al Mukarrama Al Khaerat, Segitiga Emas Sunda Nusantara dipimpin Walinono alias Puang Nene diduga sesat karena telah menyimpang dari ajaran Islam.
 
"Dari penelusuran, itu memang ada ajaran menyimpang yang mengarah pada penyembahan berhala," sebut Ketua MUI Bone, KH Muhammad Amir saat dikonfirmasi, Sabtu, 25 Maret 2023.
 
Berdasarkan hasil penelusuran tim, selain dugaan menyembah berhala, juga ditemukan dalam ajarannya diduga melarang pengikutnya menunaikan salat Jumat, ada yang menerima dan banyak pula menolak.
 
Selengkapnya, baca di sini
 

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(MEL)




LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif