Ilustrasi pinjol ilegal (Medcom.id)
Ilustrasi pinjol ilegal (Medcom.id)

Ridwan Kamil Ingatkan Warga Tak Berutang ke Rentenir

Roni Kurniawan • 19 September 2022 14:58
Bandung: Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, angkat bicara terkait kasus rumah warga di Kabupaten Garut dirobohkan oleh rentenir penyedia jasa pinjaman uang tunai lantaran menunggak.
 
Emil, sapaan akrabnya, prihatin atas peristiwa yang menimpa pasangan suami istri di Garut, Undang dan Sutinah, yang terlilit utang sebesar Rp1,3 juta kepada rentenir. Utang yang tak kunjung dilunasi itu akhirnya membengkak hingga Rp15 juta. Akibatnya, rumah semi permanen pasutri itu dirobohkan oleh penagih utang.
 
Orang nomor 1 di Jawa Barat itu pun mengingatkan warga agar tak berurusan dengan rentenir alih-alih memanfaatkan program kredit Masyarakat Ekonomi Sejahtera atau Mesra yang diluncurkan Pemprov Jabar melalui Bank BJB.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya berharap warga jangan ada lagi warga yang terjebak ke rentenir. BJB sudah diperintahkan, ikutlah kredit Mesra aja," kata Emil, saat ditemui di Gedung Sekoper Cinta, Jalan Turangga, Kota Bandung, Senin, 19 September 2022.
 
Baca juga: Mau Ngadu soal Pinjol Ilegal? di Sini Tempatnya

Emil menuturkan program tersebut menjadi upaya Pemprov Jabar menghilangkan budaya warga yang kerap meminjam uang ke renternir berbunga tinggi. Ia memastikan kredit Mesra tanpa bunga.
 
"Uangnya sama, tidak pakai bunga agunan. Asal berkumpul berlima, itu sudah ada sejak awal saya jadi gubernur. Saya prihatin, kalau kriminalisasi tetap ditangani kepolisian," sahut Emil.
 
Emil mengaku program yang digulirkannya sebagai upaya untuk memberikan solusi kepada warga. Terlebih ia pun kerap mendapat laporan serta keluhan banyaknya warga yang terlilit utang ke renternir karena bingung untuk mengajukan pinjaman termasuk ke pihak bank.
 
"Inilah ekonomi Pancasila yang dibangun. Ini kalau digabung, tidak ada lagi kasus seperti di Garut," tegas Emil.
 
(MEL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif