istimewa
istimewa

Relawan Ganjar Komitmen Dorong Wujudkan Santri Mandiri

Al Abrar • 24 September 2022 18:17
Pontianak: Sejumlah ulama dan santri di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur menggelar konsolidasi untuk memperkuat eksistensi pondok pesantren, Jumat, 23 September 2022. Para santri didorong untuk bisa mandiri. 
 
Koordinator Santri Dukung Ganjar (SDG) Wilayah Kalimantan Timur Abdul Rahim mengatakan, masa depan pembangunan santri perlu dipersiapkan dengan baik, agar lulusan pesantren bisa terserap di dunia kerja, bahkan menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain. 
 
Menurutnya banyak pemuda Indonesia yang sekarang sedang menempuh pendidikan sebagai santri di berbagai penjuru tanah air, maka berbagai kegiatan untuk memperkuat eksistensi santri harus terus dilakukan. Berbagai kebijakan negara perlu mengupayakan pembangunan santri di Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebagai informasi, ada 27.722 pesantren; dengan total 4.176.285 santri yang tersebar di seluruh Indonesia (Pangkalan Data Pendidikan Pondok Pesantren, Kemenag RI). Berdasarkan data tersebut, menurut Rahim, santri memegang peranan penting dalam pembangunan bangsa di masa depan.
 
"Di era modern saat ini, kita perlu mendorong santri untuk bisa mandiri. Masa depan pembangunan santri perlu dipersiapkan dengan baik, agar lulusan pesantren bisa terserap di dunia kerja, bahkan menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain," kata Rahim usai Gebyar Selawat dan Doa di Majelis Taklim Nurul Huda, Jumat, 23 September 2022. 
 
Baca: Ganjar Disebut Konsisten Manfaatkan Energi Baru Terbarukan
 
Rahim juga berkomitmen terus bersinergi dan membuat penyesuaian dengan program pesantren maupun santri yang dicanangkan oleh Ganjar Pranowo di Jawa Tengah. Hal ini diperlukan para santri agar mampu mengenali sosok Ganjar Pranowo melalui pendekatan program yang dilakukannya di Jawa Tengah.
 
"Kita berkomitmen untuk terus menyelenggarakan kegiatan yang mendorong pembinaan terhadap santri dengan pendekatan program yang disesuaikan dengan program Pak Ganjar di Jawa Tengah, salah satunya adalah entrepreneur dan jogo tonggo. Kegiatan ini akan terus berlangsung secara masif di Kabupaten/Kota kepada santri di Kalimantan Timur," tambah Rahim.
 
Dengan mengintegrasikan kegiatan tersebut ke dalam program relawan, Rahim yakin mampu mengakselerasi santri untuk semakin berkembang. Selain itu, Rahim optimistis, kegiatan itu direspon positif para kyai dan ulama selama proses konsolidasi berlangsung.
 
"Respons dari santri positif, kita juga mendapatkan dukungan dari para kyai dan ulama selama konsolidasi di 10 Kabupaten/Kota di Kaltim. Kita yakin bahwa Pak Ganjar ini adalah sosok yang diinginkan para ulama dan santri," tambahnya.
 
(ALB)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif