Ilustrasi-- Petugas berusaha memadamkan kebakaran yang melanda kawasan hutan di Gunung Ciremai, Kuningan, Jawa Barat, Rabu (3/10/2018). (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara)
Ilustrasi-- Petugas berusaha memadamkan kebakaran yang melanda kawasan hutan di Gunung Ciremai, Kuningan, Jawa Barat, Rabu (3/10/2018). (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara)

BTNGC Buat 14 Km Sekat Antisipasi Kebakaran Kawasan Ciremai

Antara • 15 Mei 2022 20:47
Cirebon: Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC) membuat sekat bakar sepanjang 14 kilometer (Km) di kawasan hutan Gunung Ciremai, untuk mengantisipasi kebakaran pada saat musim kemarau.
 
"Kita sudah buat sekat sepanjang 14 kilometer," kata Kepala BNTGC Teguh Setiawan di Kuningan, Ahad, 15 Mei 2022.
 
Teguh mengatakan pembuatan sekat bakar di kawasan hutan Gunung Ciremai, untuk meminimalisasi terjadinya kebakaran yang meluas. Mengingat pada beberapa tahun lalu, setiap puncak musim kemarau, kawasan hutan Gunung Ciremai terjadi kebakaran.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya, informasi yang diterima dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), puncak musim kemarau terjadi pada Agustus dan September 2022.
 
Baca juga: Pemkab Kupang Ingatkan Warga Waspada Kebakaran Lahan dan Hutan
 
Sehingga, pihaknya mempersiapkan terjadinya puncak musim kemarau dengan melakukan beberapa mitigasi kebakaran hutan Gunung Ciremai, agar bisa diminimalkan.
 
"Kita mengumpulkan informasi terkait prakiraan cuaca dan BMKG memprakirakan terjadi pada Agustus," tuturnya.
 
Ia menambahkan dengan membuat sekat sepanjang 14 kilometer, diharapkan ketika ditemukan titik api, nantinya bisa segera dipadamkan dan tidak menjalar ke area lainnya.
 
Selain itu, pihaknya juga terus melakukan edukasi kepada masyarakat sekitar kawasan BTNGC, agar tidak membakar sembarangan.
 
"Kami juga melakukan patroli kesiapsiagaan di beberapa titik yang rawan," katanya.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif