Bus antarkota antarprovinsi di terminal Jepara. Medcom.id/ Rhobi Shani.
Bus antarkota antarprovinsi di terminal Jepara. Medcom.id/ Rhobi Shani.

250 Ribu Pemudik Diprediksi Masuk ke Jepara

Nasional Mudik Lebaran ramadan hari raya idul fitri Lebaran 2022
Rhobi Shani • 21 April 2022 16:56
Jepara: Lebaran Idulfitri kurang dua pekan lagi. Sebagain warga Jepara yang merantau di berbagai kota sudah mulai mudik. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara bahkan memperdiksi ada 250 ribu pemudik yang masuk ke Jepara.
 
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Jepara, Trsino Santoso, mengatakan jumlah warga Bumi Kartini yang merantau mencapai ratusan ribu jiwa. Mereka tersebar di berbagai kota besar seperti Jakarta, Bekasi, Bandung, Denpasar, dan Jogja.
 
“Prediksi yang masuk Jepara 250 ribu pemudik. Bahkan bisa mencapai 300 ribu pemudik. Sebagain besar yang merantau dari Jakarta dan sekitarnya,” ujar Trisno, Kamis, 21 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berdasarkan pantauan, kepulangan pemudik itu sudah mulai nampak sejak pekan pertama Ramadan. Rata-rata, pemudik menggunakan moda transportasi bus Antarkota Antarprovinsi (AKAP) atau menggunakan kendaraan pribadi.
 
“Dibanding tahun lalu, tahun ini mudik jauh lebih longgar. Makannya masyarakat banyak yang bisa mudik,” jelas Trisno.
 
Pemerintah daerah bersama instansi terkait telah membuat sejumlah skema untuk mengatasi lonjakan pemudik. Salah satunya yaitu dengan membuat pos-pos pengamanan. Ada lima pos yang disiapkan, yaitu di perbatasan-perbatasan antara Jepara dan kabupaten lain, tengah kota dan di pelabuhan.
 
"Sekarang sudah bebas mudik asalkan sudah divaksin. Jadi sekarang namanya Pos Pengamanan sudah tidak ada Pos Penyekatan. Pos Penyekatan itu kan dulu waktu ada larangan mudik,” ujar Trisno.
 
Baca: Ganjar Tegaskan Jateng Siap Sambut Mudik Lebaran 2022
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif