Suasana terkini di jalan Cikuasa Atas. Banyak kendaraan yang menumpuk untuk masuk ke dalam pelabuhan Merak.
Suasana terkini di jalan Cikuasa Atas. Banyak kendaraan yang menumpuk untuk masuk ke dalam pelabuhan Merak.

Polisi Siapkan Kantong Parkir Antisipasi Penumpukan Kendaraan di Pelabuhan Merak

Nasional Mudik Lebaran banten Pelabuhan Lebaran 2022 Mudik Lebaran 2022 Info Mudik
Hendrik Simorangkir • 27 April 2022 15:12
Tangerang: Menjelang puncak arus mudik, Polda Banten menyiapkan beberapa lokasi kantong parkir untuk kendaraan roda dua dan roda empat. Hal ini untuk mengantisipasi membludaknya antrean kendaraan di Pelabuhan Merak. 
 
"Hari ini pukul 24.00 WIB, selain truk sembako tidak diperbolehkan melintas ke Merak. Kami juga sediakan kantong parkir untuk sepeda motor dan mobil guna menghadapi puncak arus mudik yang akan dimulai pada malam hari nanti," ujar Dirlantas Polda Banten Kombes Budi Mulyanto, Rabu, 27 April 2022.
 
Budi menuturkan, polisi menyediakan kantong parkir untuk kendaraan roda dua, di Dermaga 4 Pelabuhan Merak. "Tapi kalau mengular, kami akan buka juga kantong parkir motor di Dermaga 7," ucap dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain kendaraan roda dua, polisi pun menyiapkan kantong parkir untuk kendaraan roda empat. di Cikuasa Atas.  "Cikuasa Atas ada kantong parkir yang memuat daya tampung cukup banyak, sekitaran ribuan mobil. Kantong parkir itu dipersiapkan untuk menunggu antrean yang akan masuk ke pelabuhan. Jadi biar enggak numpuk di pelabuhan," jelasnya. 
 
Baca: 8.474 Kendaraan dari Jawa Masuk Pulau Sumatra via Bakauheni
 
Polisi pun menyiapkan pola pergeseran kendaraan agar tidak menumpuk di dalam pelabuhan. Pola tersebut diyakini akan berhasil mencegah penumpukan.
 
"Dengan pola pergeseran, petugas akan berkomunikasi aktif dengan pos kontrol di dalam pelabuhan. Contohnya kalau pos kontrol meminta 300 mobil masuk, yang nanti dari kantong parkir itu kita kirim," katanya. 
 
Menurut Budi, terkait adanya penumpukan kendaraan di dermaga, itu disebabkan lamanya proses bongkar barang. 
 
"Kalau semakin lambat bongkar muatnya, berarti semakin lambat juga pergeseran kendaraan. Otomatis terjadi adanya penumpukan kendaraan di area parkir maupun di area Cikuasa Atas dan Bawah," jelasnya.

 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif