Seorang anak menirukan gerakan barongsai saat perayaan Imlek di Halaman Vihara Karunadipa Palu, Sulawesi Tengah. Antara/Basri Marzuki
Seorang anak menirukan gerakan barongsai saat perayaan Imlek di Halaman Vihara Karunadipa Palu, Sulawesi Tengah. Antara/Basri Marzuki

Perayaan Imlek di Palu Momen Silaturahmi Pascabencana

Nasional tsunami imlek Gempa Donggala
Antara • 06 Februari 2019 05:38
Palu: Perayaan Imlek di Vihara Eka Dharma Manggala, Jalan Abdul Rahman Saleh, Kota Palu, Sulawesi Tengah, menjadi momentum silahturahmi sesama warga pascabencana. Walau tak ada perayaan khusus, Tahun Baru Imlek 2570 dinikmati dengan berbagi kebahagiaan.
 
"Hari Imleknya kita silahturahmi dan makan bersama serta bagi-bagi angpao saja," kata Willem Chandra, pengurus Vihara Eka Dharma Manggala, Palu Selatan, Selasa, 5 Februari 2019.
 
Momen silahturahmi pun tak hanya terbatar ke warga keturunan Tionghoa semata. Warga dengan beragam latar belakang datang untuk berbagi kebahagiaan di Vihara Eka Dharma Manggala.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Seperti Hindu ada juga yang datang ikut merayakan, dan ini bentuk kebersamaan saling menghargai," jelasnya.
 
Pengurus Vihara serta umat telah melakukan kegiatan sosial seperti pembagian sembako ke sebagian korban bencana alam, panti asuhan dan orang tidak mampu.
 
Marcello, Ketua Koko Cece Indonesia Sulawesi Tengah, mengatakan perayaan Imlek tahun ini secara umum tidak ada perbedaan dengan tahun-tahun sebelumnya. Mereka yang berutung masih merayakan Imlek bersama keluarga, kerabat dan sahabat.
 
"Seperti tadi malam itu ada makan malam bersama dengan keluarga yang dari luar yang bertemunya pas momentum perayaan Imlek begini," katanya, saat berkunjung ke Vihara Eka Dharma Manggala Palu.
 
Marcello yang juga anggota Posko Milenium Palu Bangkit, bekerja sama dengan paguyuban sosial marga Tionghoa (PSMT) Sulteng. Mereka sempat berbagi dengan saudara yang menjadi korban bencana, dan yang membutuhkan dalam rangka perayaan Imlek.
 
"Jadi perayaan Imlek kita tahun ini karena dalam posisi berkabung pascabencana, kita berharap lambat laun kita harus kuat dan bangkit. Palu ini sudah mulai bangkit," kata dia.
 


 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif