Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo membuka Liga Santri Nusantara (LSN) di GOR Semarak Sawah Lebar di Kota Bengkulu, Kamis, 16 Agustus 2018 (Foto:Medcom.id/Anggi Tondi Martaon)
Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo membuka Liga Santri Nusantara (LSN) di GOR Semarak Sawah Lebar di Kota Bengkulu, Kamis, 16 Agustus 2018 (Foto:Medcom.id/Anggi Tondi Martaon)

Mendes PDTT Berharap Dana Desa Digunakan untuk Sarana Olahraga

Nasional Berita Kemendes PDTT
Anggi Tondi Martaon • 16 Agustus 2018 19:32
Bengkulu: Program dana desa yang digagas Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) diharapkan dapat membantu masyarakat. Tidak hanya untuk kebutuhan sarana pokok seperti jalan dan irigasi, tapi juga mengembangkan bakat dan potensi warga.
 
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo menyebutkan, salah satu hal yang harus dipertimbangkan dalam memanfaatkan dana desa adalah membangun sarana olahraga. Menurutnya, hal itu berguna untuk mengembangkan bakat masyarakat.
 
"Presiden Jokowi juga meminta agar dana desa dialokasikan untuk membuat sarana olahrga. Tujuannya agar anak-anak muda dan para santri bisa berlatih sesuai bakatnya masing-masing," kata Eko, dalam kata sambutannya saat membuka Liga Santri Nusantara (LSN) di GOR Semarak Sawah Lebar di Kota Bengkulu, Kamis, 16 Agustus 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sambil membangun sarana olahraga, politikus PKB itu menyebutkan, Kementerian juga berencana akan membuat Liga Desa Nusantara. Diharapkan, program tersebut berdampak baik terhadap masyarakat di desa.
 
"Nanti dari Liga Desa itu kan ada penonton bisa memberikan efek kepada pariwisata dan ekonomi di desa," katanya.
 
Dalam mewujudkan rencana tersebut, Kemendes PDTT akan menggandeng Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). "Nanti kita libatkan Kemenpora juga dalam Liga Desa. Tapi pembangunan sarananya kita serahkan kepada aparat desa," ujar dia.
 
Pantauan Medcom.id di lokasi, LSN regional Sumatera 4 yang diselenggarakan di Bengkulu tampak berbeda. Jika biasanya suporter pertandingan menggunakan kostum bola, di sana tidak.
 
Suporter yang mayoritas santri mengenakan batik, peci, dan sarung. Mereka terlihat duduk rapi sambil melakukan koreografi sederhana dan yel-yel. Bukan yel-yel pada umumnya. Mereka menyanyikan lagu yang biasa dibawakan di pesantren, seperti Syubbanul Wathon (Cinta Tanah Air) yang diiringi suara pukulan rebana, sambil mengibarkan bendera merah putih yang diikat di sebilah kayu kecil.
 
Mendes PDTT Berharap Dana Desa Digunakan untuk Sarana Olahraga
(Foto:Medcom.id/Anggi Tondi Martaon)
 
Meski sederhana, tapi sangat menarik. Hal itu yang dirasakan oleh Menteri Eko dan seluruh undangan saat membuka LSN di GOR Semarak Sawah Lebar di Kota Bengkulu.
 
Dia menyebutkan, kehadirannya pada pembukaan regional Sumatera 4 di Provinsi Bengkulu karena diminta langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi. Meski hanya mewakili, dia terlihat senang melihat antusiasme para santri menggelar turnamen tahunan tersebut.
 
"Liga Santri sangat penting karena bisa memberikan kesempatan kepada santri untuk berlatih dan berkompetisi. Saya yakin akan ada pemain nasional dari kalangan santri," kata Eko.
 
Sementara itu, Ketua Panitia LSN 2018 di Provinsi Bengkulu Suroto mengatakan, LSN kali ini merupakan yang ketiga kali. Peserta LSN Tahun 2018 di Provinsi Bengkulu berjumlah 21 tim.
 
"Nantinya, pemenang akan dipertandingkan dengan anggota regional 4 lainnya, yaitu Sumatera Barat. Pemenangnya akan dibawa ke Solo," kata Suroto.
 
LSN merupakan turnamen rutin tahunan yang diperuntukkan bagi santri pondok pesantren di seluruh Indonesia. Diharapkan, upaya ini bisa melahirkan pemain sepak bola berbakat dari kelompok santri.
 
Suroto menyebutkan keinginan tersebut sudah tercapai. Setidaknya sudah ada beberapa alumni LSN menjadi pemain nasional. Salah satunya, kapten Timnas U-16 David Maulana. "Sudah ada tiga pemain di tim nasional. Tapi saya tidak hapal namanya," ujar dia.
 

(ROS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif