Petugas Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumut mengamati bangkai babi yang dibuang pemiliknya di Danau Siombak Marelan, Medan, Sumatera Utara. (Foto: ANTARA/Septianda Perdana)
Petugas Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumut mengamati bangkai babi yang dibuang pemiliknya di Danau Siombak Marelan, Medan, Sumatera Utara. (Foto: ANTARA/Septianda Perdana)

Kolera Babi Tak Menular ke Manusia

Nasional hewan ternak
Antara • 12 November 2019 13:23
Jakarta: Direktur Jenderal (Dirjen) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Anung Sugihantoni menegaskan virus hog cholera atau kolera babi dan virus african swine fever atau demam babi Afrika tidak menular dari hewan ke manusia.
 
"Kolera babi dan african swine fever sejauh ini tidak menular dari hewan ke manusia, itu prinsipnya. Tapi kejadian di Sumatera Utara itu yang kita pikirkan karena pembuangan bangkai di sungai dan angka pengguna air tanah di sekitar sungai cukup tinggi," kata Anung, melansir Antara, Selasa, 12 November 2019.
 
Anung menuturkan bangkai-bangkai babi tersebut tentu mencemari sungai. Pihaknya pun sudah berkomunikasi dengan dinas kesehatan di daerah untuk mewaspadai penggunaan air tanah yang ada di wilayah tempat buangan bangkai babi. Hal ini dilakukan untuk memastikan keamanan pengguna air setempat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya minta teman-teman di lapangan secara periodik melakukan pengecekan meski yang ditemukan nanti (virus) escherichia coli, tidak akan menemukan kolera babi, african swine fever tapi kita harus mewaspadai pencemaran semacam itu," kata dia.
 
Sebelumnya, jumlah kematian babi akibat virus hog cholera atau kolera babi di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) hingga Senin, bertambah menjadi 5.800 ekor.
 
"Data ini hasil laporan terbaru dari kabupaten dan kota di Sumut," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumut Azhar Harahap di Medan, Senin, 11 November 2019.
 
Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumatera Utara mencatat ada 11 Kabupaten/Kota yang terkena wabah virus hog cholera yaitu Dairi, Humbang Hasundutan, Deli Serdang, Medan, Karo, Toba Samosir, Serdang Bedagai, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan dan Samosir.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif