Ilustrasi. Medcom.id/Mohammad Rizal.
Ilustrasi. Medcom.id/Mohammad Rizal.

Blanko KTP-el di Depok Kosong

Nasional e-ktp ktp
Octavianus Dwi Sutrisno • 04 Oktober 2019 18:04
Depok: Blanko kartu tanda penduduk elektrobik (KTP-el) di Depok, Jawa Barat, kosong. Masyarakat mengeluhkan terlambatnya pembuatan KTP-el di wilayah tersebut.
 
Lurah Tugu Cimanggis, Kota Depok, Abdul Mutholib menuturkan, kekosongan blanko KTP-el telah terjadi selama enam bulan. Masyarakat yang hendak mengurus KTP-el terpaksa hanya diberikan surat keterangan (suket) pengganti.
 
"Sejak Maret 2019 memang sudah kosong. Disdukcapil sudah mengeluarkan perintah untuk perekaman identitas warga menggunakan suket saja," ucap Abdul, Jumat, 4 Oktober 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kendati hanya pengganti, Abdul mengatakan suket berfungsi sama seperti KTP-el. Surat itu bisa digunakan untuk mengurus berbagai persyaratan seperti pengajuan perbankan ke bank, mengurus SIM, dan lain-lain.
 
"Kelurahan akan membantu warga bila kesulitan dalam hal pengajuan ke sebuah lembaga karena masalah suket ini," kata dia.
 
Abdul menegaskan hingga saat ini sekitar 2.605 suket pengganti KTP-el telah diterbitkan bagi warga Kelurahan Tugu Cimanggis. Data tersebut telah diserahkan ke Dinas Disdukcapil Kota Depok.
 
"Selama ini, perekaman dan pembuatan Suket tidak ada masalah. Data itu juga sudah diserahkan ke Disdukcapil, setelah blankonya tersedia tentu akan diinformasikan kepada warga," tegasnya.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Depok Misbahul Munir menegaskan kekosongan blanko KTP-el tidak hanya terjadi di wilayah Kota Depok. Hal tersebut, kini menjadi isu nasional.
 
"Ketersediaan di Kemendagri sudah habis, sehingga kami di wilayah masih menunggu untuk pengadaan blanko KTP-el tahun anggaran 2020," tegasnya.
 
Menurut dia, pemerintah telah mempermudah masyarakat dengan dikeluarkannya aturan penggunaan suket tersebut. Masyarakat tinggal datang ke kelurahan lalu melakukan perekaman dan dikeluarkanlah suket pengganti KTP-el.
 
"Begitu juga, untuk penggantian KTP-el yang rusak tinggal datang dan diganti suket. Belum tahu, kondisi ini sampai kapan kami masih menunggu arahan dari Kemendagri," pungkasnya.

 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif