Bentrokan antarwarga di di Desa Sampoabalo, Buton, Sulawesi Tenggara - ANT/Emil Jojon
Bentrokan antarwarga di di Desa Sampoabalo, Buton, Sulawesi Tenggara - ANT/Emil Jojon

Pelaku Pembunuhan Konflik di Buton Diburu

Nasional tawuran bentrokan
ant • 11 Juni 2019 19:52
Kendari: Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara memburu pelaku pembunuhan dalam bentrok warga di Buton. Bentrok antar warga itu mengakibatkan 87 rumah terbakar, dua orang tewas, delapan orang luka-luka dan 871 orang mengungsi.
 
Kapolda Sulawesi Tenggara Brigjen Pol Iriyanto mengatakan pelaku pembunuhan pada konflik yang melibatkan warga Desa Sampuabalo dan Desa Gunung Jaya di Kabupaten Bunton masih diburu.
 
"Kondisi masyarakat di lokasi bentrok sudah pulih. Personel TNI dan Polri membantu warga setempat untuk membenahi lokasi kebakaran," kata Iriyanto.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penyidik terus mengumpulkan informasi untuk mengungkap pelaku pembunuhan dua korban saat terjadi saling serang antarwarga dua desa bertetangga di Kecamatan Siontapina, Kabupaten Buton.
 
Sedangkan pelaku pembakaran 87 rumah warga telah menyeret 36 orang sebagai tersangka dari 82 orang yang diamankan karena diduga terlibat aksi anarkis tersebut.
 
Kabid Humas Polda Sultra AKBP Harry Golden Hart mengatakan 46 orang lainnya yang sempat diamankan dikenakan wajib lapor.
 
"Penyidik mengamankan 82 orang atas dugaan melakukan pembakaran rumah warga namun setelah melalui pemeriksaan dan berdasarkan alat bukti yang ada maka yang ditetapkan sebagai tersangka sebanyak 36 orang," kata Goldenhart.
 
Meskipun telah ada penetapan tersangka namun belum dibeberkan peran masing-masing
pelaku yang menyebabkan hilangnya tempat tinggal warga setempat.
 
"36 pelaku yang berstatus tersangka menjalani pemeriksaan. Bisa saja ada tersangka yang menjalani pemeriksaan lebih dari satu kali untuk melengkapi penyidikan," katanya.

 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif