ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Alokasi Anggaran Bawaslu Jepara Setahun Rp1,8 Miliar

Rhobi Shani • 12 Agustus 2022 16:22
Jepara: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dalam setahun mendapat alokasi anggaran sebesar Rp1,8 miliar. Anggaran tersebut dialokasikan dari anggaran pendapatan belanja nasional (APBN).
 
Ketua Bawaslu Kabupaten Jepara, Sujiantoko, mengatakan anggaran pelaksanaan pengawasan Pemilu dialokasikan dari APBN. Sementara anggran pelaksanaan pengawasan pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) dari pemerintah kabupaten.
 
"Jadi dukungan anggaran Bawaslu dalam melaksanakan pengawasan Pemilu besumber dari APBN, kecuali Pilkada. Kalau Pilkada bersumber dari APBN dan APBD," kata Sujiantoko di Jepara, Jumat, 12 Agustus 2022.
 
Baca: Sekretaris KPU SBB Ditetapkan Tersangka Dugaan Korupsi Dana Hibah

Alokasi anggara pelaksanaan pengawasan Pemilu sebesar Rp1,8 miliar itu dialokasikan seperti untuk layanan penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa proses. Juga untuk sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif. Serta pengawasan tahapan pemilu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Anggaran tersebut sudah termasuk uang kehormatan  lima pimpinan dan gaji staf kesekretariatan sebanyak 20 orang,” jelas Sujiantoko.
 
Untuk layanan penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa proses sebesar Rp55 juta. Kemudian untuk sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif sebesar Rp65 juta. Lalu untuk pengawasan tahapan pemilu sebesar Rp29 juta.
 
“Anggaran untuk kami dari provinsi dibuat per tahun. Jadi sampai saat ini kami belum bisa seperti KPU (komisi pemilihan umum) yang bisa mengajukan dan mengelola anggaran sendiri,” ungkap Sujiantoko.
 
(DEN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif