Kondisi jembatan Air Mulak di Kabupaten Lahat yang hancur diterpa banjir bandang. Foto: Istimewa
Kondisi jembatan Air Mulak di Kabupaten Lahat yang hancur diterpa banjir bandang. Foto: Istimewa

3 Jembatan Rusak Akibat Bencana di Sumsel Dibangun Kembali

Nasional jembatan rusak
Gonti Hadi Wibowo • 20 Mei 2020 12:08
Palembang: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Selatan menyiapkan Rp24,7 miliar untuk membangun kembali tiga jembatan yang hancur akibat banjir bandang pada 2020. Jembatan mulai dibangun kembali pada Juni 2020.
 
Kabid Jembatan pada Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Tata Ruang (PUBM-TR) Sumsel, Muhammad Afandi, mengatakan pembangunan kembali tiga jembatan yang hancur akibat banjir bandang berada di Desa Mulak Ulu, Kecamatan Mulak, Kabupaten Lahat dan dua jembatan lainnya yang berada di Kabupaten OKU Selatan.
 
"Pembangunan kembali jembatan itu sesuai arahan dari Gubernur Sumsel yang telah menyediakan anggaran dari APBD Sumsel yang tidak terbatas untuk dampak dari bencana alam," kata Afandi, Kamis, 21 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Baut Penyangga Jembatan Musi II Lepas
 
Affandi menjelaskan, rincian pembangunan jembatan di Desa Mulak Ulu, Kecamatan Mulak, Kabupaten Lahat menelan dana sekitar Rp20 miliar. Sedangkan dua jembatan gantung di OKU Selatan menelan dana Rp4,7 miliar.
 
Pembangunan kembali jembatan Mulak Ulu akan ditambah dua kali lipat dari jembatan sebelumnya, yakni sepanjang 80 meter. Konstruksinya terdiri dari dua bentang jembatan yang masing-masing sepanjang 30 meter dan 50 meter.
 
"Dengan konstruksi tersebut diharapkan bisa lebih tahan dari serangan arus sungai. Target kami Juni 2020 ini mulai dikerjakan dan bisa rampung saat akhir tahun," ungkapnya.
 
Dia menerangkan Pemprov Sumsel akan membantu kabupaten/kota di Sumsel yang tidak mempunyai anggaran untuk memperbaiki jembatan rusak akibat bencana alam. Pemerintah daerah bisa mengajukan ke Pemprov Sumsel untuk meminta bantuan memperbaiki jembatan rusak.
 
"Nanti kita akan lakukan survei ke lapangan, jika itu memang dibutuhkan, maka akan kita prioritaskan untuk diperbaiki," tukasnya.
 

(LDS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif