Ilustrasi--Tes swab di Kota Bogor, Jawa Barat. (Foto: ANTARA/Arif Firmansyah)
Ilustrasi--Tes swab di Kota Bogor, Jawa Barat. (Foto: ANTARA/Arif Firmansyah)

Pengunjung Mal Paragon Semarang Diburu Tes Swab Covid-19

Nasional Virus Korona
Mustholih • 20 Mei 2020 23:35
Semarang: Pemerintah Kota Semarang, Jawa Tengah, melakukan tes swab secara acak terhadap seratusan pengunjung Mal Paragon. Pasalnya, mal termewah di Kota Semarang ini diburu banyak pengunjung jelang Hari Raya Idulfitri 2020.
 
"Ini gratis dan yang diarahkan untuk melakukan swab tes bukan hanya pengunjung. Tapi juga yang bekerja di lokasi. Dengan cara ini kami juga sekaligus melakukan screening pada OTG atau orang tanpa gejala," kata Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, Rabu, 20 Mei 2020.
 
Dalam operasi swab tes, petugas belum bisa menemukan secara langsung warga yang terpapar virus korona. "Karena hasilnya tidak langsung. Tiga hari setelah pemeriksaan (keluar). Makanya sebelum dilakukan tes, pengunjung dan karyawan didata terlebih dahulu," jelas dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:Kasus Covid-19 di Jatim Bertambah 119
 
Meski tidak melarang warganya memborong kebutuhan Lebaran, Hendrar Prihadi meminta masyarakat tetap memperhatikan protokol kesehatan covid-19, yakni dengan memakai masker dan menerapkan jaga jarak fisik.
 
"Yang tidak pakai masker diminta menggunakan masker. Namun, harapannya masyarakat bisa menahan diri dengan beraktivitas di luar rumah hanya untuk keperluan yang mendesak saja," imbau dia.
 
Sementara itu, Kepala Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Semarang, Rahma Devi, menambahkan, siap mengarantina pengunjung Mal Paragon yang terbukti positif covid-19 dari hasil pemeriksaan swab tersebut. Bahkan, mal yang dikunjungi pasien covid-19 ini pun tidak menutup kemungkinan akan turut disterilisasi.
 
"Jika ada hasil tes positif, yang bersangkutan akan ditetapkan seperti penderita covid-19. Pusat perbelanjaannya akan dilakukan upaya-upaya lain, seperti tes swab menyeluruh sampai sterilisasi lokasi," jelasnya.

 

(MEL)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif