Ilustrasi. (Foto: Medcom.id/Rizky)
Ilustrasi. (Foto: Medcom.id/Rizky)

Pemkot Tangerang Fokus Jaga Stabilitas Pangan Jelang Ramadan

Nasional pangan kebutuhan pokok Ramadan 2021
Hendrik Simorangkir • 05 April 2021 22:18
Tangerang: Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, Banten, fokus menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan jelang Ramadan. Upaya itu dilakukan lantaran mekanisme pasar yang sering berubah-ubah. 
 
Data yang dikutip dari laman https://portal-dkp.tangerangkota.go.id/sedhapp, sejumlah komoditas pangan di sejumlah pasar tradisional di Kota Tangerang, seperti cabai merah biasa, bawang merah, bawang putih, dan telur ayam broiler, mengalami kenaikan harga.
 
"Stabilitas harga kan mengikuti mekanisme pasar. Kita hanya monitor. Yang kita monitor adalah pasokan, artinya apakah ketersediaan pangan mencukupi untuk menghadapi Ramadan dan Idulfitri," ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang, Abduh Surahman, Senin, 5 April 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Abduh menuturkan di pasar di wilayah Kota Tangerang ada beberapa komoditas yang harganya belum stabil, yakni  cabai. Pasalnya banyak pemasok yang mendatangkan cabai dari luar Kota Tangerang. 
 
Baca juga: Angka Pasien Covid-19 Kota Bogor Terus Menurun
 
"Kemarin kan sebagian besar wilayah yang memasok cabai banjir, pasokannya berkurang. Akibatnya, harga naik," katanya.
 
Abduh menambahkan ada beberapa barang yang harganya belum stabil terkait pasokan pangan di Kota Tangerang menjelang Ramadan 2021 cenderung tercukupi. 
 
"Apakah ketersediaan pangan mencukupi untuk menghadapi Ramadan dan idulfitri ini, kalau itu saya bisa katakan cukup," ujar dia.
 
Abduh pun berharap para pedagang tidak menimbun komoditas yang kemudian akan mengakibatkan adanya lonjakan harga. Dia meminta para pedagang agar berjualan seperti biasa meskipun menjelan Ramadan.
 
"Jangan melakukan praktek penimbunan barang. Jadi harga stabil," jelasnya.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif