Bendung Katulampa yang menjadi salah satu indikator siaga banjir Jakarta kembali ke posisi normal. (Foto:Antara)
Bendung Katulampa yang menjadi salah satu indikator siaga banjir Jakarta kembali ke posisi normal. (Foto:Antara)

Bendungan Katulampa Dikeruk

Nasional katulampa
Yudi Irawan • 22 Januari 2015 11:48
medcom.id, Bogor: Hujan yang terjadi hampir merata di seluruh wilayah Ibu Kota ternyata tidak terjadi di Bogor, Jawa Barat. Bahkan petugas pintu air Katulampa hari ini (22/1/2015) mengeruk dasar bendungan.  Pengerukan dilakukan untuk mengantisipasi puncak musim hujan yang diprediksi terjadi pada awal Bulan Februari.
 
Setelah mengalami kenaikan debit air setinggi 120 centimeter pada Rabu malam (21/1/2015), kondisi tinggi muka air Sungai Ciliwung hari ini kembali berada pada level 40 centimeter.  Menurunnya muka air dimanfaatkan oleh petugas untuk melakukan perawatan pintu air dan memperbaiki sejumlah kerusakan.
 
Kondisi cuaca di kawasan puncak dan kota Bogor hari ini cenderung mendung tebal dan berpotensi turun hujan. Sesuai prakiraan awal Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, puncak hujan terjadi pada akhir Januari hingga pertengahan Februari. Berdasar pengalaman, banjir besar di Jakarta umumnya terjadi pada periode tersebut.
 
Informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, ketinggian muka air di seluruh pintu air di Ibu Kota, normal. Namun, masyarakat yang tinggal di wilayah langganan banjir harus tetap waspada.
 
(FZN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif