ilustrasi/Medcom.id
ilustrasi/Medcom.id

Waduh! 381 Sapi di Garut Positif Penyakit Mulut dan Kuku

Nasional Hewan Ternak penyakit menular sapi Jawa Barat Penyakit Mulut dan Kuku
Media Indonesia • 13 Mei 2022 11:52
Garut: Wakil Bupati Garut Helmi Budiman mengecek hewan ternak yang berada di Desa Kandangmukti, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Kamis, 12 Mei 2022. Pengecekan ini menyusul ditemukannya 391 ternak, terutama sapi yang terinfeksi penyakit mulut dan kuku (PMK) di Kabupaten Garut.
 
"Gejala PMK ini terlihat pada 10 hari yang lalu, atau tepatnya pada Hari Raya Idulfitri 1443 H dan adanya temuan itu para petugas langsung memberikan bantuan berupa obat-obatan kepada para peternak," kata Helmi melalui keterangan tertulis, Jumat, 13 Mei 2022.
 
Helmi mengatakan pada tahap awal sudah banyak hewan yang sembuh. Ia mengatakan berdasarkan hasil pantauan di lapangan terdapat 381 sapi dinyatakan positif terinfeksi PMK.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sapi tersebut tersebar di sembilan kecamatan mulai Leles, Garut Kota, Cisurupan, Cikajang, Banyuresmi, Wanaraja, Karangpawitan, dan Cilawu. Atas kejadian tersebut, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil maupun Pemerintah Kabupaten Garut mengusulkannya agar status wabah dinyatakan sebagai keadaan darurat.
 
Baca: Sapi di Kalbar Suspek Penyakit Mulut dan Kuku
 
"Pak Gubernur yang sudah mengusulkan ke Kementerian agar ini dinyatakan sebagai (keadaan) darurat sebagai wabah. Karena, di Garut sendiri yang terinfeksi PMK sedikitnya ada 13 ekor sapi yang mati, di mana 5 ekor mati karena terinfeksi dan 8 ekor harus disembelih paksa," ujarnya.
 
Pihaknya tetap mengimbau pemotongan hewan yang sakit dilakukan di rumah potong hewan (RPH) supaya bisa diawasi secara langsung oleh dokter hewan. Pemkab Garut juga akan menggencarkan penyemprotan disinfektan.
 
"Untuk mengantisipasi penyebaran infeksi di hewan ternak agar Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Garut agar segera mencairkan Biaya Tak Terduga (BTT) untuk memberikan disinfektan kepada seluruh peternak sapi. Karena, populasi sapi berada di Kabupaten Garut ada sekitar 17 ribu," paparnya.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif