Kabid Humas Polda Banten Kombes Shinto Silitonga
Kabid Humas Polda Banten Kombes Shinto Silitonga

Arus Balik di Pelabuhan Merak Belum Terjadi Kepadatan

Nasional Mudik Lebaran arus balik Idulfitri 1443 Lebaran 2022 Info Mudik Mudik 2022
Hendrik Simorangkir • 05 Mei 2022 19:48
Tangerang: Memasuki H+3 lebaran, arus balik kendaraan atau penumpang di Pelabuhan Merak, Banten, masih sepi. Tidak ada penumpukan kendaraan yang terjadi di kantong parkir saat turun dari kapal.
 
"Dari hasil pemantauan petugas di lapangan untuk kantong parkir baik dari dermaga satu sampai enam tidak terjadi penumpukan kendaraan, di mana seluruh kendaraan yang turun dari kapal bisa langsung keluar menuju arah Jakarta, baik menggunakan jalur tol merak maupun jalur arteri," kata Kabid Humas Polda Banten, Kombes Shinto Silitonga, Kamis, 5 Mei 2022.
 
Baca: Tol Japek Arah Jakarta Contra Flow Mulai Km 70

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Shinto menjelaskan arus lalu lintas jalur menuju tol Merak-Tangerang, baik dari Jalan Raya Cikuasa Atas maupun jalur Merak menuju Simpang Gerem terpantau lancar.
 
"Sehingga dapat memudahkan pemudik untuk kembali ke arah Jakarta melalui jalur tol," jelasnya.
 
Selain itu Shinto menuturkan di rest area KM 68 Tol Merak-Cikupa pun terpantau belum menunjukan kepadatan yang signifikan.
 
"Kondisi rest area KM 68 situasi arus balik belum terjadi peningkatan yang signifikan. Terlihat frekwensinya belum terlihat," ungkapnya.
 
Shinto menjelaskan pengaturan arus balik yang dominan akan menggunakan jalur tol dari gerbang tol Merak hingga ke gerbang tol Cikupa, akan tetap dilakukan dengan 3 skenario oleh Polda Banten.
 
Situasi hijau jika kondisi arus lalu lintas normal, situasi kuning jika terjadi kepadatan pada pintu tol terutama gerbang tol Cikupa, dan situasi merah jika kepadatan terjadi cukup panjang di jalan tol.
 
"Rekayasa lalu lintas untuk situasi merah akan diberlakukan dengan mengalihkan kendaraan keluar di gerbang tol Balaraja Timur, gerbang tol Balaraja Barat bahkan gerbang tol lainnya, tergantung pada situasi di gerbang tol Cikupa," ujarnya.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif