Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa. Foto: Medcom
Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa. Foto: Medcom

Siaga Gombang Tiga Covid-19, Khofifah Siapkan 13.853 Bed

Amaluddin • 06 Februari 2022 15:00
Surabaya: Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa menyatakan telah menyiapkan 13.853 bed atau tempat tidur untuk isolasi terpadu (isoter) yang tersebar di 38 daerah di Jatim. Ini disiapkan sebagai upaya siaga lonjakan gelombang ketiga covid-19. 
 
"Kapasitas bed rumah sakit ini berjumlah 320 dengan kamar yang berisikan dua tempat tidur," kata Khofifah di Surabaya, Minggu, 6 Februari 2022.
 
Khofifah mengatakan kasus covid-19 di Indonesia tengah memasuki gelombang ketiga pandemi covid-19. Dibutuhkan opsi isoter untuk pasien gejala ringan dan tanpa gejala.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sejak 1 Februari kemarin, nampak sekali terjadi kenaikan covid-19. Ketika ada kenaikan yang cukup tinggi dan cepat ini, maka kita menata kembali tempat yang bisa kita siapkan sebagai isoter, dan layanan kuratifnya untuk memastikan masyarakat Jatim dapat penanganan yang terbaik," ujar dia.
 
Khofifah meminta masyarakat terus menjaga protokol kesehatan (prokes) dan meningkatkan kewaspadaan. Meskipun pemerintah gencar meningkatkan pelayanan kuratif, tindakan preventif jauh lebih baik.
 
"Tugas pemerintah memang meningkatkan testing, tracing dan treatment. Tapi masyarakat juga harus bersinergi dengan menjaga prokes 5M. Karena sekarang sedang terjadi lonjakan kasus, khususnya dari varian Omicron yang punya kecepatan transmisi jauh lebih tinggi," tutur dia.
 
Baca: KSP Sebut Pemerintah Siap Hadapi Gelombang Ketiga Covid-19
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif