Sukiman tenaga pendidik yang telah mengajar agama Buddha selama puluhan tahun di Jakarta dan Bekasi. Metro TV
Sukiman tenaga pendidik yang telah mengajar agama Buddha selama puluhan tahun di Jakarta dan Bekasi. Metro TV

Meniti Jalan Dhamma Buddha Lewat Pendidikan

MetroTV • 21 Mei 2022 11:42
Jakarta: Pendidikan agama dan keagamaan di Indonesia secara konseptual memiliki tujuan mulia, yaitu membentuk insan yang percaya dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sesuai dengan dasar ideal falsafah negara yaitu Pancasila, dengan sila pertama 'Ketuhanan Yang Maha Esa'.
 
Keberadaan tenaga pengajar dan peserta didik dalam pendidikan agama juga menjadi bagian penting di dalamnya. Sayangnya ada banyak problematika dalam pembelajaran agama terutama bagi agama tertentu yang menjadi minoritas di negara dengan mayoritas penduduk Muslim seperti Indonesia. Pendidikan agama Buddha misalnya.
 
Hari Raya Waisak yang dirayakan beberapa hari lalu menjadi refleksi bagi para penganut dan pengajar agama Buddha. Mendidik dan mengajarkan agama Buddha kepada generasi penerus menjadi tanggung jawab bersama seluruh umat dan penganut agama Buddha.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tetapi mengajarkan agama bukan hanya tentang beribadah saja, namun juga bagaimana menerepkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya pada kehidupan sehari-hari. Agar generasi penerus mampu menyerap dan menjaga keutuhan nilai-nilai tersebut dalam menyesuaikan perkembangan zaman.
 
Meniti Jalan <i>Dhamma</i> Buddha Lewat Pendidikan
 
Susilo dan Sukiman, adalah tenaga pendidik yang telah mengajar agama Buddha selama puluhan tahun di Jakarta dan Bekasi. Sebagai guru, mereka tidak hanya mengajarkan Dhamma kepada para siswanya tetapi juga memberikan pemahaman yang benar akan ajaran Buddha kepada lingkungan di sekitar tempat tinggalnya.
 
Keterbatasan tenaga pengajar, jumlah siswa yang relatif sedikit dan terpencar dalam berbagai lembaga pendidikan yang berbeda dengan jarak yang berjauhan, menyebabkan mutu pendidikan agama Buddha menjadi kurang sempurna.
 
Guru-guru ini harus meluangkan waktu, tenaga dan biaya yang lebih untuk berkeliling mengajar di beberapa Lembaga Pendidikan, walaupun siswa yang mereka ajar hanya 1 orang. Bagi mereka ini adalah pelayanan Dhamma kepada manusia untuk menghilangkan Dhukka dan mencapai pembebasan.
 
Kisah para guru agama Buddha dalam menjaga nilai-nilai keagamaan dan keutuhan umat tersebut terekam dalam film dokumenter 'Meniti Jalan Dhamma' yang tayang dalam program Melihat Indonesia pada 21 Mei 2022 pukul 13.30 di Metro TV. Dokumenter yang merekam lika-liku pendidikan bagi agama minoritas di Indonesia tersebut juga akan ditayangkan pada kanal YouTube Eagle Awards.

 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif