GPH Bhre dikukuhkan sebagai Mangkunagoro X. Medcom.id/ Triawati
GPH Bhre dikukuhkan sebagai Mangkunagoro X. Medcom.id/ Triawati

GPH Bhre akan Pimpin Prosesi Adat Pertama Wilujengan Ruwahan Sebagai Mangkunegara X

Triawati Prihatsari • 16 Maret 2022 18:25
Solo: Pascapengukuhan sebagai Mangkunagoro X, Sabtu, 12 Maret 2022, Gusti Pangeran Haryo (GPH) Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo akan melaksanakan tugas pertamanya memimpin agenda adat Wilujengan Ruwahan yang akan digelar Kamis malam, 17 Maret 2022. Prosesi adat ini pertama dirinya sebagai Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Mangkunegara X.
 
"Agenda perdana beliau setelah melewati Jumenengan (pengukuhan) adalah Wilujengan Ruwahan. Yaitu tradisi adat menjelang bulan Puasa, secara simbolis mengantarkan utusan untuk Nyadran tau nyekar di seluruh makam Mataram dan punggowo baku," ujar Wedana Satriyo Pura Mangkunegara, KRMT Lilik Priarso Tirtodiningrat, di Solo, Rabu, 16 Maret 2022.
 
Dalam momen tersebut, GPH Bhre sudah tidak diperbolehkan lagi ikut nyekar ke makam pendahulunya. Untuk nyekar ke makam Mataram, Pura Mangkunegaran memiliki utusan yang akan diberangkatkan sendiri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tradisi Wilujengan Ruwah akan digelar di Pendapi Pura Mangkunegaran disaksikan KGPA Mangkunegara X. Usai itu, secara simbolis KGPAA Mangkunegara X akan memberikan bunga untuk kemudian disebarkan ke seluruh makam Mataram di Jawa Tengah dan DIY. 
 
Baca: GPH Bhre Resmi Menyandang Gelar Mangkunagoro X
 
"Jadi nanti sampai ke makam di Imogiri, Kota Gede dan selurubh makam trah. Dalam rangka wilujengan itu, setelah dzikir dan tahlil selesai kemudian beliau memberikan tanda simbol," imbuhnya. 
 
Selanjutnya agenda tradisi Syawalan menjadi agenda berikutnya yang akan dilakukan GPH Bhre setelah Wilujengan Ruwahan. Syawalan merupakan agenda open house saat Lebaran, di mana keluarga akan melakukan saling sungkem. 
 
"Meski untuk Syawalan masih belum dipastikan karena beliau baru saja lenggah (dikukuhkan), para abdi dalem tetap menyiapkannya. Sebenarnya ini agenda tahunan, tapi sejak pandemi hanya keluarga internal saja yang dilibatkan," bebernya. 
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif