Ilustras sapi yang ada di penggemukan ternak di Lampung. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.
Ilustras sapi yang ada di penggemukan ternak di Lampung. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Lampung Terima Alokasi 37 Ribu Dosis Vaksin PMK

Antara • 25 Juni 2022 17:06
Bandar Lampung: Pemerintah Provinsi Lampung telah menerima alokasi vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) sebanyak 37 ribu dosis untuk pelaksanaan vaksinasi bagi ternak di daerahnya.
 
"Vaksin PMK sudah datang ke Lampung untuk vaksinasi tahap pertama, dan kita mendapatkan alokasi sebanyak 37 ribu dosis," kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung, Lili Marwati, di Bandar Lampung, Sabtu, 25 Juni 2022.
 
Baca: Kabupaten Malang Dapat Jatah 57.500 Dosis Vaksin PMK

Dia mengatakan vaksin bagi ternak tersebut langsung didistribusikan kepada 15 kabupaten dan kota di daerahnya. "Ini nanti akan disebarkan ke 15 kabupaten dan kota, untuk alokasi terbanyak akan diberi ke daerah kantong-kantong ternak untuk mencegah perluasan kasus PMK," jelasnya.
 
Menurut dia 37 ribu dosis vaksin PMK bagi ternak tersebut ditargetkan dapat habis tervaksin kepada ternak hingga 7 Juli mendatang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Yang diusulkan kepada pemerintah pusat untuk vaksinasi PMK sesuai populasi di Lampung yakni sekitar 920 ribu, tapi ini yang sudah kita terima akan langsung dihabiskan sebelum Idul Adha sesuai anjuran pemerintah pusat," ungkapnya.
 
Ia mengatakan untuk sementara waktu vaksinasi PMK bagi ternak tersebut akan diberikan kepada sapi.
 
"Akan ada tambahan vaksin di tahap berikutnya, saat ini diutamakan untuk sapi yang sehat, dan di lokasi yang berbatasan dengan daerah terpapar. Bukan di daerah terpapar karena sudah ada imunitas di sapi yang ada disana," ujarnya.
 
Terinci alokasi vaksin PMK bagi ternak di 15 kabupaten dan kota di Lampung meliputi Kota Bandar Lampung ada 300 dosis, Metro 500 dosis, Kabupaten Lampung tengah 7.200 dosis, Tulang Bawang Barat 3.000 dosis.
 
Kabupaten Tulang Bawang 3.000 dosis, Pesawaran 1.000 dosis, Mesuji 2.000 dosis, Pringsewu 1.000 dosis, Lampung Selatan 6.500 dosis.
 
Kabupaten Lampung Utara 3.500 dosis, Lampung Barat 800 dosis, Lampung Timur 4.500 dosis, Tanggamus 1.000 dosis, Pesisir Barat 500 dosis, Waykanan, 2.000 dosis.
 
Lalu adapula alokasi bagi UPTD Pembibitan Sapi sebanyak 180 dosis, UPTD BIBD Terbanggi sebanyak 20 dosis.
 
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif