Istimewa
Istimewa

Rakernas KAI Usung Konsep Sistem Organisasi Advokat Multibar dengan Satu Regulator

Al Abrar • 28 Mei 2022 20:52
Bali: Dewan Pimpinan Pusat Kongres Advokat Indonesia (DPP KAI) akan menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional KAI Tahun 2022 di Kuta, Bali, 30 Mei mendatang. Salah satu wacana yang akan diusung dalam Rakernas adalah sistem organisasi advokat di Indonesia yang bersifat multibar dengan satu regulator.
 
"Saat ini praktik di lapangan sistem organisasi advokat di Indonesia itu bersifat multibar, artinya terdapat banyak organisasi advokat. Kami di KAI ingin semua organisasi ini memiliki satu regulator yang sama sehingga aturan-aturan di dunia organisasi advokat dapat perlakuan setara," kata Presiden KAI Adv. Tjoetjoe Sandjaja Hernanto melalui keterangan tertulisnya, Sabtu, 28 mei 2022.
 
Tjoetjoe mengatakan, regulator itu nantinya yang akan mengatur semua kebijakan organisasi advokat, termasuk di dalamnya menerapkan satu kode etik, satu Dewan Kehormatan, satu standar profesi advokat, satu Komisi Pengawas Advokat, satu standar pendidikan advokat (termasuk pendidikan lanjutan), satu standar kompetensi advokat, satu standar ujian calon advokat, spesialisasi profesi advokat serta verifikasi organisasi advokat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Regulator tunggal yang diusung oleh Kongres Advokat Indonesia diharapkan mampu untuk menihilkan kemungkinan adanya advokat yang bisa seenaknya pindah organisasi ketika melakukan pelanggaran etik di organisasi yang lama.
 
"Adanya satu regulator dengan tetap multi organisasi, dunia advokat akan terhindar dari muatan kepentingan pribadi oleh pimpinan sebuah organisasi advokat, sehingga politisasi terhadap anggota bisa dihilangkan. Satu regulator berarti semua advokat, semua organisasi punya satu standar yang sama untuk diterapkan," tegas Tjoetjoe.
 
Rakernas KAI tahun 2022 direncanakan digelar di Bali akan dihadiri oleh kurang lebih seribu peserta dari seluruh Indonesia. Rangkaian kegiatan Rakernas akan dimulai dengan Gala Dinner Peserta Rakernas bersama Gubernur Bali, I Wayan Koster pada 29 Mei mendatang. Rakernas juga dilaksanakan dalam rangka merayakan 14 tahun usia KAI eksis di dunia advokat tanah air.
 
"Advokat-advokat KAI yang datang dari seluruh Indonesia akan dijamu makan malam oleh Gubernur Bali, I Wayan Koster, dan pada hari H pelaksanaan Rakernas, sekaligus Pak Gubernur Bali akan memberikan sambutannya dihadapan para peserta Rakernas," ujar Tjoetjoe.
 
(ALB)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif