Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), John Wempi Wetipo. Foto: Medcom.id/Roy Ratumakin.
Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), John Wempi Wetipo. Foto: Medcom.id/Roy Ratumakin.

Pemerintah Bangun Jembatan Antar Pulau di Papua Barat

Nasional infrastruktur
Roylinus Ratumakin • 10 Februari 2020 14:44
Jayapura:Pemerintah akan membangun jembatan yang menghubungkan Pulau Mansinam dan Kota Manokwari, Papua Barat. Pembangunan itumenindaklanjuti aspirasi masyarakat yang meminta dibangunnyajembatan penghubung antar pulau itu.
 
"Kedatangan saya (ke Pulau Mansinam) merupakan komitmen atau keseriusan kita dalam membahas rencana pembangunan jembatan ke Pulau Mansinam," kata Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), John Wempi Wetipo, Senin, 10 Februari 2020.
 
Wetipo menyebut Pulau Mansinam merupakan lokasi sejarah peradaban manusia Papua yang diperingati setiap tahun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Setiap tahun ada ribuan masyarakat Papua, bahkan dari luar Papua datang berbondong-bondong memperingati perayaan masuknya Injil ke Tanah Papua," ujarnya.
 
Wetipo mengatakan pembangunan jembatan telah dibahas bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Pihaknya berharap Pemerintah Provinsi Papua Barat segera membuat surat permintaan kepada pemerintah pusat melalui Kemerinterian PUPR, agar perencanaan bisa dilaksanakan.
 
“Kami juga sudah minta Balitbang melalukan kajian. Atas dasar kajian tersebut, kita segera mendorong konsultan melakukan desain perencanaan.Saya harap bisa dilaksanakan tahun ini, agar progres pembangunan bisa kita laksanakan tahun depan," bebernya.
 
Wetipo mengungkapkan, ada tiga alternatif lokasi rencana pembangunan jembatan. Pertama Inggandi Lemon-Pulau Mansinam dengan jarak 1,4 KM, kedua Biriyosi-Pulau Lemon-Pulau Mansinam dengan jarak 2,3 KM dan Pasir Putih Kuburan-Pulau Mansinam 1,1 KM.
 
"Tim Balitbang bersama teman-teman di Balai Papua Barat akan mempertimbangkan ketiga lokasi ini, mana yang lebih efektif dibangun. Kemudian lokasi pulau ini juga ada rute kapal, begitu juga dengan sisi pembiayaan serta dampak lingkungan," ujarnya.
 

 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif