Petugas kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi tengah melakukan rapid test covid-19 di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Istimewa
Petugas kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi tengah melakukan rapid test covid-19 di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Istimewa

687 Orang Kategori A di Kabupaten Bekasi Dites Covid-19

Nasional Virus Korona tes virus korona pemeriksaan rapid test
Antonio • 27 Maret 2020 08:53
Bekasi: Sebanyak 687 orang kategori A di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menjalani rapid diagnostic test covid-19 (virus korona), tahap pertama, Kamis, 26 Maret 2020. Orang kategori A terdiri dari tenaga kesehatan yang menangani pasien covid-19, pasien dalam pengawasan (PDP), dan orang dalam pemantauan (ODP).
 
"Tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi mendatangi satu per satu rumah warga yang berstatus ODP," kata Juru bicara Pusat Informasi dan Koordinasi Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi, Alamsyah, Jumat, 27 Maret 2020.
 
Dia melanjutkan rapid diagnostic test juga dilakukan di rumah sakit, untuk PDP dan tenaga kesehatan yang berada di rumah sakit. Dia mengatakan tes di rumah sakit pun didampingi oleh Dinas Kesehatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Alamsyah memastikan rapid diagnostic test covid-19 ke dua, masih menggunakan sistem dari rumah ke rumah. Mereka yang menjadi sasaran pengecekan, akan didatangi langsung petugas medis.
 
"Sebelumnya drive thru yang direncanakan masih tetap berlaku," ujarnya.
 
Baca: Pemkab Bekasi Gelar Rapid Test Covid-19 Dua Tahap
 
Pemkab Bekasi menggelar rapid diagnostic test atau tes cepat covid-19 dalam dua tahap. Rapid test tahap pertama dilakukan Kamis, 26 Maret 2020.
 
Rapid test dibagi berdasarkan data ODP yang masuk per 25 Maret 2020 ke puskesmas masing-masing kecamatan di Kabupaten Bekasi. Sebanyak 200 tenaga kesehatan ditugaskan dalam pelaksanaan rapid test tahap pertama. Pihaknya juga melibatkan sepuluh rumah sakit rujukan.
 
Sementara rapid test tahap kedua dilaksanakan pada Jumat, 27 Maret 2020. Pelaksanaan test tahap kedua diperuntukkan bagi kategori B.
 
"Untuk tahap kedua rencananya dengan sistem drive thru. Untuk peserta tahap kedua Kategori B, yaitu tenaga kesehatan dan stakeholder terkait," jelasnya.
 
Pemkab Bekasi telah menerima sebanyak 1000 alat rapid testyang diberikan pemerintah pusat melalui Pemerintah Provinsi Jawa Barat pada Rabu, 25 Maret 2020. Alat rapid test yang diterima berupa test pack, pemeriksaan dilakukan dengan mengambil sampel darah kapiler.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif