NEWSTICKER
Proses evakuasi korban tertimpa pohon di dalam mobil, Jumat, 15 Februari 2020. Dokumentasi/ BPBD Bantul.
Proses evakuasi korban tertimpa pohon di dalam mobil, Jumat, 15 Februari 2020. Dokumentasi/ BPBD Bantul.

Pohon Tumbang di DIY Menewaskan Seorang Warga

Nasional pohon tumbang
Ahmad Mustaqim • 15 Februari 2020 10:44
Yogyakarta: Hujan lebat di Daerah Istimewa Yogyakarta mengakibatkan puluhan pohon tumbang, pada Jumat, 14 Februari 2020. Selain itu kejadian pohon tumbang juga mengakibatkan seorang warga meninggal.
 
"Di perempatan Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul terdapat satu orang meninggal dikarenakan terjepit di dalam mobil yang tertimpa pohon," kata Manajer Pusat Pengendalian Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY, Danang Samsurizal saat dihubungi, Sabtu, 15 Februari 2020.
 
Danang mengatakan dampak hujan lebat hampir merata di DIY, kecuali di Kabupaten Gunungkidul. Ada lebih dari 90 pohon tumbang. "Menurut laporan yang masuk terdapat 92 pohon tumbang, 16 bangunan rusak, 9 kendaraan terdampak dan beberapa jaringan telpon dan listrik terganggu," jelas Danang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Beberapa kejadian itu di antaranya di Kota Yogyakarta terdapat enam pohon tumbang, empat rumah rusak, gedung pemerintahan, tembok parkir rumah sakit, satu mobil rusak, satu sepeda motor rusak, serta akses jalan yang terganggu.
 
Adapun di Kabupaten Sleman terdapat 18 pohon tumbang, satu unit usaha rusak, dua akses jalan terganggu, tiga jaringan listrik rusak, satu tempat ibadah terdampak, sebuah papan reklame roboh, serta menyebabkan seorang luka ringan. Lalu, di Kabupaten Bantul 11 unit rumah rusak, 13 akses jalan terganggu akibat pohon tumbang, serta dua titik di rumah sakit mengalami kerusakan.
 
"Selain satu orang meninggal (di Bantul), juga dua orang sempat dirujuk ke rumah sakit. Korban meninggal di Bantul atas nama Samidi," ungkap Danang.
 
Hingga kini petugas BPBD bersama relawan, dan berbagai elemen membersihkan material bekas dampak dari hujan lebat. Danang mengingatkan seluruh warga DIY tetap waspada di saat puncak musim hujan dalam beberapa pekan terakhir ke depan.
 

 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif