Tawon endhas atau Vespa Affinis. (Foto: Medcom.id/Rhobi Sani)
Tawon endhas atau Vespa Affinis. (Foto: Medcom.id/Rhobi Sani)

Penyebab Sengatan Tawon Endhas Mematikan

Nasional lebah
Rhobi Shani • 29 November 2019 14:02
Jepara: Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Mundikatun, mengungkap penyebab sengatan tawon endhas atau Vespa Affinis bisa sangat mematikan.
 
Menurut dia, sengatan bisa sangat beracun bagi orang-orang yang memiliki alergi atau sensitif pada racun sengat. Lain hal dengan orang tanpa alergi dan tingkat sengatannya masih dalam skala kecil.
 
“Jika disengat harus ditangani cepat, sebab racunnya dapat merusak organ seperti edema paru akut dan gagal ginjal,” ujar Mundrikatun, Jumat, 29 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mundrikatun mengatakan racun pada tawon endhas ada pada ujung perut yang berbentuk lancip. Sengatan pertama lah yang akan menentukan tingkat fatalitas yang dialami korban. Bagi seseorang dengan alergi, sengatan bisa menimbulkan reaksi syok anafylakis dan mengharuskan korban mendapat pertolongan medis.
 
Ia menyebut pada sengatan itu tawon akan mengeluarkan senyawa berupa feromon. Melalui senyawa ini, seekor tawon yang telah menyengat korban akan mampu memanggil kawanannya untuk menyerang.
 
“Jika tawon endhas merasa terganggu atau diserang, dia akan memanggil kawannya untuk menyerang,” beber dia.
 
Pada saat ini lah tindakan yang harus dilakukan korban harus tepat. Sebab kawanan tawon akan sangat mematikan alih-alih hanya disengat satu atau dua ekor tawon.
 
Seorang korban sengatan tawon endhas, Dulkalim, mengungkapkan harus mendapatkan perawatan medis usai disegat tawon. Kala itu ia mendapatkan serangan saat hendak mengambil air di rumahnya yang juga menjadi sarang tawon endhas.
 
"Saya pernah dua kali disengat di tangan. Rasanya linu dan lebam selama dua hari," kata warga RT 1 RW1 Desa Bulak Baru, Kedung, Jepara.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif