Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri. (Foto: MI/Susanto)
Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri. (Foto: MI/Susanto)

2 Juta Kartu Prakerja Siap Disebarkan

Nasional kartu sakti jokowi
Mustholih • 12 Oktober 2019 18:11
Semarang: Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri memastikan program kartu prakerja Presiden Joko Widodo terealisasi. Masyarakat Tanah Air berusia 18 tahun ke atas ditargetkan menerima kartu tersebut.
 
"2020 pemerintah akan mengimplementasikan kartu prakerja. Target dua juta warga yang akan menerima kartu ini," kata Hanif, di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu, 12 Oktober 2019.
 
Hanif menyatakan pemerintah sedang mematangkan teknis pembagian kartu prakerja bagi masyarakat. Kementerian Ketenagakerjaan dan lembaga di bawah Kementerian Koordinator Perekonomian sedang menggodok organisasi yang akan melaksanakan distribusi kartu prakerja.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Detailnya masih akan dibahas kembali oleh Kemenaker dan lembaga lain di bawah Pak Menko Perekonomian. Saya belum bisa sampaikan detail karena khawatir ada perubahan," jelas Hanif.
 
Menurut Hanif, siapapun warga Indonesia yang belum mendapat pekerjaan bisa menerima kartu prakerja. Syaratnya, usia minimal 18 tahun, warga negara Indonesia, dan tidak sedang menjalani pendidikan formal.
 
"Mereka bisa mengakses kartu prakerja baik secara online atau offline," terang Hanif.
 
Hanif menyatakan mekanisme untuk menerima kartu prakerja akan diumumkan lebih lanjut. Yang jelas, imbuh dia, para pemegang kartu prakerja akan mendapatkan biaya pelatihan, uang insentif, dan sertifikasi dari pemerintah.
 
"Prinsipnya cepat-cepatan daftar sampai kuotanya habis. Nanti ada biaya untuk pelatihan, insentif termasuk sertifikasi. Besarannya berapa akan terus dimatangkan," jelasnya.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif