ilustrasi medcom.id/ Muhammad Rizal.
ilustrasi medcom.id/ Muhammad Rizal.

UMP Sulsel Diperkirakan Naik Rp200 ribu

Nasional ump
Muhammad Syawaluddin • 23 Oktober 2019 15:36
Makassar: Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan telah menyiapkan kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) pada tahun 2020 mendatang. Pemprov memperkirakan kenaikan UMP di Sulsel berada diangka Rp200 ribu.
 
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulawesi Selatan, Agustinus Appang, mengatakan hingga saat ini pihaknya masih belum menerima surat edaran dari Pemerintah Pusat. Namun, pihaknya telah menyiapkan untuk kenaikan UMP tersebut.
 
"Penetapan kenaikan UMP adalah 8,51 persen. Jadi, diperkirakan naiknya (UMP) sebesar Rp200 ribu," katanya, di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu 23 Oktober 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penetapan untuk kenaikan upah minimum tersebut jika merujuk pada aturan atau regulasi yang ada akan diumumkan pada 1 November 2019 mendatang, tapi efektif diberlakukan pada 2020 mendatang. Hal itu sesuai dengan SK dari Gubernur Sulsel.
 
Kenaikan UMP tersebut berdasarkan dengan atau mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 78 Tahun 2015 tentang pengupahan. Dalam aturan itu disebutkan bahwa besaran UMP ditetapkan dari hasil penambahan upah minimum sebelumnya, dikalikan tingkat inflasi plus pertumbuhan ekonomi nasional.
 
Dengan begitu UMP Sulsel akan menjadi Rp3.103.800 di tahun 2020 dari yang sebelumnya yang hanya Rp2.860.382 pada 2019. Diharapkan ini bisa dipatuhi oleh seluruh pengusaha yang ada di Sulawesi Selatan.
 
Terpisah, Ketua Dewan Pimpinan Daerah Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Sulsel, Basri Abbas, menegaskan bahwa kenaikan yang hanya 8,51 persen belum mengakomodir upah layak bagi pekerja atau buruh.
 
Dia mengatakan bahwa aturan yang termaktub dalam PP Nomor 78 Tahun 2015 secara tegas ditolak oleh buruh. Menurutnya, ada beberapa poin yang terdapat di dalam aturan tersebut yang tidak tepat, karena tidak mengacu pada survei upah layak buruh.
 
"Intinya ada survei kebutuhan rakyat di tiap daerah. Dan seharusnya kenaikan UMP di atas 10 persen kalau kita mengacu pada KHL," katanya.
 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif