Wali Kota Malang Sutiaji. Medcom.id/Daviq Umar Ala Faruq
Wali Kota Malang Sutiaji. Medcom.id/Daviq Umar Ala Faruq

Malang Siap Jadi Tuan Rumah Pertemuan Jatim-Papua

Nasional Kerusuhan Manokwari
Daviq Umar Al Faruq • 19 Agustus 2019 16:52
Malang: Wali Kota Malang Sutiaji mengaku hingga saat ini masih belum bisa berkomunikasi langsung dengan pemerintah daerah atau kepala daerah di Papua atau Papua Barut. Komunikasi sangat diperlukan agar kesalahpahaman antara masyarakat Jawa Timur, Malang khususnya, dan Papua tidak berlanjut.
 
Sutiaji telah berkoordinasi dengan TNI-Polri di wilayahnya. Dia memohon Presiden RI Joko Widodo menjadikan Kota Malang sebagai lokasi musyawarah terkait kericuhan dan unjuk rasa yang terjadi di Papua.
 
"Kalau bisa saya mohon atas izin perintah presiden kita semua berembuk di sini kan malah enak. dari Gubernur Papua ayo kita duduk bersama-sama di sini, supaya ini tidak berkepanjangan," kata Sutiaji, Senin 15 Agustus 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia memastikan tidak ada kalimat pelarangan dan pengusiran mahasiswa Papua di Malang.
 
Baca: Pemkot Malang Bantah Memulangkan Mahasiswa Papua
 
Kerusuhan terjadi di Manokwari, Papua Barat, Senin 19 Agustus 2019. Insiden bermula saat massa bergerak ke pusat kota dan memblokade sejumlah titik sejak pukul 08.00 WIT. Pengunjuk rasa awalnya sepakat melakukan aksi damai.
 
Namun jelang siang, sejumlah titik di Kota Manokwari diblokade dengan pembakaran ban bekas. Emosi massa tersulut akibat provokasi yang dilakukan oknum via media sosial.
 
Baca:Gubernur Papua Barat Menduga Ada Penyusup dalam Aksi
 
Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan menerangkan aksi di wilayahnya memprotes insiden mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang. Terlebih ada pernyataan agar mahasiswa dipulangkan ke Papua.
 
"Kita tidak terima itu. Seharusnya difasilitasi misal gubernur hadir. Dialog itu harus dilakukan," ujar Dominggus, Senin, 19 Agustus 2019.
 
Dia menerangkan harusnya Pemkot Malang memfasilitasi Gubernur Papua Lukas Enembe dan Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, hadir di Malang bersama pemerintah daerah terkait. Persoalan ini harus diselesaikan dengan bijak.
 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif