BKSDA Sumsel menangkap Harimau Sumatra di Muara Enim, Sumsel. (Foto: Dok./BKSDA Sumsel)
BKSDA Sumsel menangkap Harimau Sumatra di Muara Enim, Sumsel. (Foto: Dok./BKSDA Sumsel)

Gubernur Lampung Terima Harimau Tangkapan dari Sumsel

Nasional serangan hewan harimau sumatra
Thomas Harming Suwarta • 22 Januari 2020 10:38
Lampung: Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menerima seekor harimau Sumatra hasil tangkapan sejumlah pihak di Desa Plakat, Kabupaten Muara Enim, Sumatra Selatan, Rabu, 21 Januari 2020. Satwa yang telah menewaskan sejumlah orang itu dievakuasi kawasan Tambling Wildlife Nature Conservation (TWNC), Kabupaten Pesisir Utara, Lampung.
 
"Ini sebagai langkah pengamanan baik untuk manusia dan hewan. Karena kita punya taman nasional yang memenuhi persyaratan harimau ini bisa hidup. Harapannya, (harimau) bisa menemukan kehidupan lebih baik. Jadi masyarakat dan satwanya juga aman," kata Arinal, Rabu, 22 Januari 2020.
 
Arinal menilai rentetan peristiwa penyerangan oleh harimau Sumatra sejak November 2019 hingga akhirnya ditangkap dua hari lalu, sebenarnya tidak perlu terjadi jika keseimbangan alam tetap terjaga.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pada dasarnya harimau itu tidak menyerang manusia. Namun karena ketersediaan makanan berkurang dan bisa karena aktivitas perburuan dan tidak ada keseimbangan lagi, dia menyerang manusia," sambung dia.
 
Harimau Sumatra yang dievakuasi ke Tambling, kata dia, akan diperiksa kesehatannya dan diobservasi hingga dianggap mampu untuk menyesuaikan diri kemudian dilepas.
 
"Kita akan kandangkan dulu beberapa hari, makanannya disiapkan, situasinya disesuaikan, kesehatannya harus diperhatikan, dan ketika dia sudah memenuhi syarat setelah diobservasi dia dilepas lagi," pungkasnya.

 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif