Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. MI/Susanto
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. MI/Susanto

Susi Pudjiastuti jadi Menteri Terpopuler di Medsos

Nasional susi pudjiastuti kelautan dan perikanan
Ahmad Mustaqim • 01 Juli 2019 14:00
Yogyakarta: Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti menjadi menteri paling populer di jagad media sosial. Susi mengalahkan menteri perempuan lainnya seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Luar Negeri Retno Lestari Marsudi.
 
Kepopuleran itu merupakan bagian hasil riset yang dilakukan Digital Intellegence Lab, Center for Digital Society (CfDS), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Gadjah Mada (UGM). Penelitian itu mengolah dari data Google trends serta media sosial Instagram dan Twitter yang diambil pada 1 Maret-10 Juni 2019. Hasil itu dirilis di Gedung BC FISIP UGM, Yogyakarta, Senin, 1 Juli 2019.
 
Peneliti Digital Intellegence Lab CfDS Fauzi Ananta mengatakan di Istagaram Menteri Susi memiliki paling banyak pengikut yakni 2.332.564. Kemudian diikuti Menteri Sri Mulyani (1.390.970 pengikut); Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi (389.323 pengikut), Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (182.505 pengikut), dan Menteri Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Hanif Dhakiri (116.209 pengikut).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Itu yang dari Instagram. Di media sosial Twitter, Menteri Susi juga masuk klasifikasi terpopuler. Kami tak mengambil Facebook karena belum tentu itu terverifikasi atau milik pribadi," kata Fauzi.
 

Susi Pudjiastuti jadi Menteri Terpopuler di Medsos
Manajer Digital Intellegence Lab CfDS, Treviliana Eka Putri (kiri) dan peneliti Fauzi Ananta saat memaparkan hasil riset. Medcom.id-Ahmad Mustaqim
 
Menteri Susi paling populer di Twitter dengan 964.213 pengikut, 23.461 cuitan, dan 1.468.315 interaksi dengan warganet. Di bawah Menteri Susi ada Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (469.513 pengikut, 27.516 cuitan, dan 494.896 interaksi); Menteri Koordinator Politik, Hukum dan HAM Wiranto (385.512 pengikut, 2.584 cuitan, dan 225.335 interaksi), Menpora Imam Nahrawi (350.954 pengikut, 6.690 cuitan, dan 761.361 interaksi), dan Menaker Hanif (324.007 pengikut, 53.601 cuitan, dan 10.737 interaksi).
 
"Menteri Susi populer lebih dari dua kali lipat dibanding menteri lainnya. Padahal, menteri Susi membuat akunnya pada masa awal menjabat," ujarnya.
 
Manajer Digital Intellegence Lab CfDS Treviliana Eka Putri mengatakan hasil riset kepopuleran menteri di media sosial belum tentu selalu selaras dengan hasil kinerja. Sebab, kata dia, hasil kinerja menteri hampir tiap periode dibuat pemerintah.
 
"Warganet sebagian memang tertarik dengan kinerja menteri terkait. Kadang ada kasus yang tidak terekspose jika menteri (dalam menggunakan media sosial) bisa menjalankan strategi komunikasi yang baik," ujarnya.
 
Ia menilai, kepopuleran Menteri Susi di media sosial karena strategi komunikasi yang sangat personal, baik di Twitter maupun Instagram. Akun menteri lain, ia menilai, lebih banyak ucapan selamat.
 
"Menteri Susi kelihatan (cuitan atau status) lebih personal, ucapan langsung. Orang-orang merasa terlibat dengan isi status," katanya.
 
Ia menambahkan kepopuleran menteri di media sosial belum jadi jaminan akan dipilih kembali oleh Presiden Jokowi pada periode kedua. Ia menyebut, lembaganya akan riset lanjutan pada Agustus atau awal September 2019.
 
"(Hasil riset) bisa jadi salah satu penilaian karena citra positif di masyarakat. Mungkin harapan masyarakat melihat itu bisa terpilih kembali. Kemudian, menteri terbaru bisa saja dipertimbangkan Jokowi dalam menentukan pilihan. Citra apa yang dibicarakan ketika membicarakan tokoh tersebut," ungkapnya.
 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif