Gubernur Banten Wahidin Halim saat memberi sambutan Anggota Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Komisariat Wilayah III (komwil III), yang digelar di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang.
Gubernur Banten Wahidin Halim saat memberi sambutan Anggota Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Komisariat Wilayah III (komwil III), yang digelar di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang.

APEKSI Komwil III Bahas UU Omnibus Law

Nasional Pemkot Tangerang Apeksi
Hendrik Simorangkir • 05 Desember 2019 18:00
Tangerang: Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Komisariat Wilayah III (komwil III) menggelar rapat koordinasi Kota Tangerang, Kamis, 5 Desember 2019. Sebanyak 25 delegasi itu membahas Undang-Undang Omnibus Law.
 
Gubernur Banten Wahidin Halim, mengatakan UU Omnibus Law yang dicanangkan Pemerintahan Pusat dapat memangkas peraturan pemerintah daerah yang mubazir. Ia menambahkan kalau Omnibus Law yang sedang digodok itu harus merampingkan regulasi pemerintah daerah seluruh Indonesia.
 
"Omnibus Law yang kita pahami adalah bagaimana kita sinkronisasi aturan satu dengan aturan lain juga memangkas aturan-aturan yang tidak perlu," ujarnya, Kamis, 5 Desember 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wahidin menuturkan banyak peraturan di pemerintahan daerah yang overlapping atau saling tumpang tindih sehingga tidak efektif.
 
"Sehingga risiko terhadap layanan kita bersama. Kita kan ingin cepat dan tepat, kalau peraturan banyak bertambah juga birokrasinya nanti," katanya.
 
Ketua APEKSI Seluruh Indonesia Airin Rachmi Diany, menjelaskan saat ini jajarannya sedang menggodok soal Omnibus Law.
 
"Kita sedang bedah, sedang kita analisa dan kepada gubernur tentang menyederhanakan dan sinkronkan sehingga investasi akan bisa cepat masuk ke Indonesia," jelas Airin.
 
APEKSI Komwil III Bahas UU <i>Omnibus Law</i>
Ketua APEKSI Seluruh Indonesia Airin Rachmi Diany saat memberi sambutan.
 
Dalam diskusi antar kepala daerah Rakorkomwil III yang mengambil tema Kolaboratif Dalam Industri 4.0 tersebut juga mencari jalan keluar untuk menyatukan peraturan daerah. Lantaran, Airin menambahkan banyak keragaman antar daerah yang dapat ditarik ke pemerintahan daerah lainnya agar saling memajukan daerah secara berbarengan.
 
"Tadi kerja sama antar daerah, bagaimana berkolaboratif. Kota Tangerang punya kelebihan seperti bagaimana, Tangerang Selatan punya apa, Tegal punya apa dan bagaimana ini kita bahas bersama-sama dan saling bekerja sama di wilayah III saat ini," katanya.
 

 

(ALB)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif