Ilustrasi cacar monyet. ANTARA/Dok/Brian W.J. Mahy/HO via Reuters
Ilustrasi cacar monyet. ANTARA/Dok/Brian W.J. Mahy/HO via Reuters

1 Warga Cilegon Suspek Cacar Monyet

Hendrik Simorangkir • 11 Agustus 2022 13:32
Tangerang: Satu warga Pulomerak, Cilegon berusia 60 tahun suspek cacar monyet atau. Perempuan tersebut mengalami gejala seperti cacar monyet setelah melakukan perjalanan dari luar kota. 
 
"Iya ada suspek cacar monyet di Pulomerak ibu-ibu dengan usia 60 tahun. Pelaporan dari Puskesmas Pulomerak itu langsung kita respon dan lakukan surveilans yang bekerja untuk kewaspadaan dini, bagaimana caranya segala sesuatu harus responnya cepat," ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon, Ratih Purnamasari, Kamis, 11 Agustus 2022.
 
Ratih menuturkan, pasien tersebut saat ini tengah diperiksa lebih lanjut untuk memastikan terkait penyakit tersebut benar-benar cacar monyet atau bukan.
 
Baca: Masyarakat Karawang Diimbau Waspadai Cacar Monyet

"Kita ambil swab dan bawa ke laboratorium, bisa saja hanya cacar biasa atau penyakit lain bukan monkeypox. Baru suspek ya mudah-mudahan hasilnya negatif," katanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ratih mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada, dan meningkatkan kedisiplinan dalam menjalankan pola hidup bersih dan sehat.
 
"Cuci tangan pakai sabun di bawah air yang mengalir, jangan merokok, makan dengan gizi seimbang, olahraga teratur, sehari-hari harus makan sayur dan buah, dan pakai masker karena penyakit banyak yang ditularkan melalui udara," jelasnya.
 
(WHS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif