Ilustrasi ASN/Istimewa
Ilustrasi ASN/Istimewa

Pemkab Tangerang Anggarkan Rp1,2 Triliun untuk Gaji dan Tunjangan Pegawai

Hendrik Simorangkir • 10 Agustus 2022 18:47
Tangerang: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang menganggarkan Rp1,262 triliun untuk tunjangan kinerja dan gaji bagi aparatur sipil negara (ASN), pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), dan non ASN. Triliunan rupiah itu diberikan kepada 33.438 orang yang di bawah naungan Pemkab Tangerang. 
 
"Dari puluhan ribu pegawai itu terdiri dari pegawai non-PNS sebanyak 14.315 orang, PPPK sebanyak 4.116 orang, dan ASN 15.007 orang. Jadi total 33.438 orang," ujar Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Tangerang, Hendar Herawan, Rabu, 10 Agustus 2022.
 
Hendar menuturkan, pihaknya hingga kini masih melakukan proses dan koordinasi dengan kementerian, terkait status kepegawaian pegawai non-ASN (non-PNS, non-PPPK, dan eks-Tenaga Honorer Kategori II) yang tertuang dalam surat Menteri PANRB No.B/185/M.SM.02.03/2022 perihal Status Kepegawaian di Lingkungan Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Terkait itu sedang berproses, kita telah koordinasi dengan kementerian terkait," ucap dia.
 
Baca juga: Mataram Alokasikan Rp59 Miliar untuk Gaji Honorer pada 2023

Sementara, Kepala Bidang Anggaran pada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Tangerang, Aep menjelaskan, dari triliunan rupiah tersebut, Pemkab Tangerang menganggarkan Rp744,321 miliar per tahun nya untuk pegawai ASN.
 
"Itu sudah termasuk gaji pokok, tunjangan kinerja, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan, termasuk iuran asuransi kesehatan dan sebagainya," jelas Aep.
 
Menurut Aep, untuk pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), Pemkab Tangerang telah menganggarkan sebesar Rp152,620 miliar. Selain itu, lanjutnya, untuk pegawai non ASN, seperti sopir, tenaga kebersihan, guru, tenaga medis, Pemkab Tangerang telah menganggarkan Rp366 miliar. 
 
"Non ASN itu banyak. Dari sekian banyaknya non ASN yang memiliki SK Bupati hanya 24 orang," jelasnya.
 
(MEL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif